ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

research
  • 04 May
  • 2018

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pada era globalisasi saat ini, pengembangan daya pikir terhadap seorang anak harus ditanam sejak usia dini. Hal ini disebabkan karena daya serap otak anak sangat baik pada usia 1-5 tahun. Salah satu hal yang dapat mendukung daya serap otak anak adalah dengan melalui pendidikan, namun masih sangat banyak anak-anak yang tidak mengerti dan paham tentang hewan yang hidup pada habitatnya seperti darat, udara dan laut. Ketidakpahaman anak terhadap suatu pengetahuan mungkin disebabkan karena apa yang diajarkan kurang menarik sehingga rasa ingin tahu anak berkurang. Salah satu hal yang dapat mendukung perkembangan otak anak adalah melalui pendidikan interaktif.  Oleh Karena itu perlu sebuah alat  pembelajaran berbasis animasi interaktif pengenalan hewan yang bertujuan untuk mengenalkan hewan untuk pendidikan anak usia dini. Dalam penulisan Pene;itian ini, animasi interaktif dibuat dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) waterfall yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara berurutan dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung. Metode pembelajaran berbasis teknologi informasi melalui animasi interaktif memiliki banyak keunggulan dari metode belajar konvensional pada anak usia 1-5 tahun, tampilan animasi interaktif dalam dunia pendidikan dapat membantu siswa pada penyampaian materi dan lebih komunikatif sehingga dapat lebih mudah mengingat materi pembelajarannya.

Unduhan

  • 309-563-1-SM.pdf

    Animasi Interaktif

    •   diunduh 4082x | Ukuran 1,829 KB

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digitial Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: ANDI

Desstya, Anatri, Haryono dan Saputro, Sulistyo. 2012. Pembelajaran Kimia Dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Di Tinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. ISSN: 2252-7893. Universitas Sebelas Maret: Jurnal Inkuiri Vol 1 No 3.

Diartono, Dwi Agus. 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. ISSN : 0854-9524. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIk Vol XIII No. 2. Juli 2008

usein, Umar. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.

Nurtianto, P. & Syarif, A.M. 2013. Adobe Flash dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktif. Yogyakarta: ANDI

Setiawan, Lisa Laurentia. 2008. Tutorial Praktis PHOTOSHOP CS3. Yogyakarta: NEOTEKNO.

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula