MEMBANGUN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MEMBENTUK KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN METODE KM-ROADMAP

research
  • 04 May
  • 2018

MEMBANGUN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MEMBENTUK KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN METODE KM-ROADMAP


Tujuan dari penelitian ini untuk membangun knowledge manajement system  dalam mendukung sharing culture mengenai teologi antara pengajar dan mahasiswa yang ada di STTLB sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan pada STTLB. Penerapan knowledge manajemen system saat ini sangat dibutuhkan disetiap aspek pada dunia pendidikan. Kemampuan setiap perguruan tinggi dalam mengelola pengetahuan menjadi kekuatan tersendiri bagi institusi untuk dapat bersaing dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Pada Sekolah Tinggi Teologi Lintas Budaya, hal ini juga sangat perlu diterapkan dikarenakan waktu dan tempat untuk proses berbagi pengetahuan mengenai teologi yang terbatas. Penerapan knowledge manajemen system yang dimaksud adalah untuk mendukung sharing culture mengenai teologi antara pengajar dengan mahasiswa sehingga tercipta inovasi baru yang dapat menunjang dan meningkatkan kualitas knowledge. Penerapannya adalah dengan menggunakan Learning  Management  System  (LMS) Moodle. Metode yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan mengambarkan kondisi STTLB yaitu dengan cara observasi. Perancangan knowledge manajemen system yaitu dengan menggunakan metode KM- Roadmap.


 


Unduhan

 

REFERENSI

Andy, Randy, Sugiarto, Dedy dan Hetharia, Dorina (2011). Pengembangan  dan Penerapan  Manajemen Pengetahuan Sebagai Strategi Pendukung Kegiatan Medis Non-Bedah (Studi Kasus Klinik Petukangan Medical Center). ISSN: 1411-6340.

Bergeron, Bryan. (2003). Essential of Knowledge Management. John Wiley and Sons, Inc. New Jersey

 Bommen, Thommy dan Bechina, Amtzen. (2006). Knowledge Sharing Practices: Analissis of a Globel Scandinavian Consulting Company. ISSN 1479-4411


Cummings, Jeffrey. (2003). Knowledge Sharing: a Review Of the Literature. Washington, D.C: The world Bank


 


Debowski, Shelda. (2006). Knowledge Management. Melbourne and Sydney: John Wiley and Son Australia, Ltd.


Fariani, Indah. (2013). Analisa Dampak Knowledge Management Terhadap Performa Orgamisasi Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2-4 Desember 2013. Jakarta

Jennex, Murray, E. (2007). Knowledge Management In Modern Organitations. USA: Idea Group Publishing San Diego

Jennex, Murray, E. (2005). Case Studies in Knowledge Management. USA: Idea Group Publishing San Diego

Nonaka,    Ikujiro dan Takeuchi H (1995). The Knowledge Creating Company:  How Japanesse Companies Create the Dynamics In Innovatio. Oxford University Press. 

 Putri, Soemarto dan Pangaribuan, Harapan. (2009). Knowledge Management System: Knowledge Sharing Culture di Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. ISSN:1907-5022.


 Ratnasari, Anita (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus: Universitas Mercu Buana Jakarta. ISSN: 1907-5022


 Setiarso, Bambang. (2008). Berbagi pengetahuan: Siapa Yang mengelola Pengetahuan?. Jakarta: Ilmukomputer.com.


 Subagja Sambas. (2011). Perancangan Knowledge Manajement System Untuk Pelaanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Indonesia. 14-15 Juni 2011. Bandung


 Tiwana, Amrit. (1999). The Knowledge Management Tollkit. Prentice Hall  PTR.