Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamian Yang Terkandung di Dalam Buah

Tanggal

2017-02-13

Penerbit

Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa

Penulis

Abstraksi

Vitamin adalah zat aktif yang diperlukan oleh tubuh kembang anak. Salah satu sumber vitamin yang menghasilkan banyak vitamin adalah buah. Untuk Menarik minat anak dalam gemar memakan buah maka diperlukan sebuah aplikasi multimedia interaktif untuk mengenal vitamin yang terkandung di dalam buah. Sehingga membuat anak-anak menjadi senang, tidak bosan saat belajar mengenal vitamin yang terkandung di dalam buah serta dapat memudahkan anak-anak pada usia dini dalam mengenal vitamin, manfaat setiap jenis vitamin dan sumber vitamin yang terkandung dalam buah. Penelitian ini untuk pengembangan sistem perangkat lunak menggunakan model waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisa sistem kebutuhan, desain, generasi kode, pengujian dan pemeliharaan. Pembuatan aplikasi multimedia ini menggunakan beberapa software seperti Macromedia Flash 8, Adobe Photoshop CS4 dan Action Script. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa multimedia interaktif ini dapat mengenalkan vitamin yang terkandung di dalam buah karena dapat menyenangkan dan dapat menambah wawasan anak-anak pada usia dini atau siswa taman kanak-kanak sehingga anak-anak menyukai buah. Selain itu, dengan tampilan animasi yang menarik, dapat juga memudahkan orang tua dalam menyampaikan materi vitamin kepada anak.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Vitamin

URI
http://ejournalab.com/index.php/jti/article/view/125/pdf

Bidang ilmu
Media Pembelajaran

References

Chandra. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS5 Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom. 2011.

Hasanuddin. Pemrograman ActionScript Dengan Flash 5 dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2005.

Jayan. Animasi Kartun Lucu & Interaktif Flash. Palembang: Maxikom. 2006.

Kumala, Budi. Seri Penuntun Praktis - Macromedia Flash. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo - Gramedia. 2005.

Purnama, Bambang Eka. Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Ramadianto, Anggara Yuda. Membuat Vektor dan Animasi Atraktif dengan Macromedia Flash Professional 8. Bandung: Yrama Widya. 2008.

Rizky, Soetam. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software Reenginering). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2011.

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2013.

Wahana Komputer. Panduan Praktis Desain Grafis Profesional dengan Adobe Photoshop CS4.Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2010.

Yuniastuti, Ari. Gizi dan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2008.