Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori

research
  • 12 Apr
  • 2018

Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori

Optik Nasional merupakan salahsatu optik yang ada di Tasikmalaya, Pada kegiatanya Optik Nasional ini melakukan proses jual beli Kacamata dengan berbagai merk, Banyak nya Transaksi Penjualan sehari-hari maka data penjualan pun semakin lama akan bertambah semakin banyak. Jika dibiarkan saja, maka data-data transaksi penjualan tersebut hanya menjadi sampah yang tidak berarti. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi, semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengolah data. Pemanfaatan informasi dan pengetahuan yang terkandung di dalam banyaknya data tersebut, pada saat ini disebut dengan data mining. Data-data transaksi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan promosi produk. Untuk mendapatkan informasi tentang hasil produk yang paling banyak di jual dan diminati di perusaahn optik nasional dari suatu database transaksi, penulis menggunakan algoritma Apriori, sehingga nanti hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan peningkatkan penjualan dan pemasaran produk kacamata.

Unduhan

  • 2776-7144-1-SM.pdf

    Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori

    •   diunduh 568x | Ukuran 430 KB

 

REFERENSI

enny Haryanto, Yetli Oslan dan Djoni Dwiyana. (2011). Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor. Jurnal Buana Informatika Volume 2, Nomor 2, Juli 2011, 81-94.
Handoko, Suryadi. (2010). Pengantar Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hapsari Dita Anggraeni, Ragil Saputra,S.Si,M.Cs, Beta Noranita, S.Si,M.Kom. (2013). APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA .Journal of Informatics and Technology, Vol 2, No 2, Tahun 2013, p 22-28, 22-28.
Hermawati, F. A. (2013). Data Mining.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kusrini, Emha taufiq luthfi. (2009). Algoritma Data Mining.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nugroho Wandi, R. A. (2012).Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1 (Sept, 2012) ISSN: 2301-9271.
Pane, D. K. (2013). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : KREDITPLUS). Pelita Informatika Budi Darma.
Setiawati, D. D. (2009). PENGGUNAAN METODE APRIORI UNTUK ANALISA KERANJANG PASAR PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN MINIMARKET MENGGUNAKAN JAVA & MYSQL. Gunadarma, 5