Strategi Pemberian Bonus Karyawan Pabrik Kaca Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dengan Metode Analytic Network Process (ANP)

research
  • 11 Apr
  • 2018

Strategi Pemberian Bonus Karyawan Pabrik Kaca Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dengan Metode Analytic Network Process (ANP)

Karyawan adalah hal terpenting bagi suatu perusahaan, berjalan atau tidak sukses atau tidaknya suatu perusahaan dinilai dari kinerja karyawannya. Motivasi diberikan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dimana pemberian motivasi berupa penghargaan atau bonus. Tapi terkadang penilaian secara subjektif dari pengambil keputusan bisa membuat adanya pemberontakan sikap dari karyawan. Dari kriteria penilaian yang ada diperlukan kejelasan tingkat prioritas sehingga bisa dijadikan pedoman untuk melakukan penilaian secara adil, dan dari alternative yang ada yang dianggap layak maka bisa dilakukan penilaian untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan bonus secara objektif. Sehubungan dengan hal tersebut maka di buatlah suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan karyawan yang berhak mendapatkan bonus dengan metode TOPSIS. Dimana kriteria yang telah ditentukan oleh lembaga akan digunakan untuk penilaian alternative yang memang layak mendapatkan bonus.

REFERENSI

[1] Fatta, Al Fatta. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern.Andi.Yogyakarta. 2007

[2] Hariandja, marihot tua effendi. .Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. Jakarta. 2007

[3] Herjanto,Eddy. Manajemen Operasi.Grasindo. Jakarta. 2008

[4] Kusrini. 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan, Yogyakarta : Andi Offset

[5] Melin, Patricia., Et al. Analysis and Design of Intelegent Systems Using Soft Computing Techniques.Springer-Verlag Berlin Heidelberg.New York. 2007

[6] Subekti, Dayat. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Manajerial Pembuatan Keputusan.Teknomatika. ISSN: 1979-7656. 2009

[7] Syafaruddin. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Grasindo. Jakarta. 2004 [8] Turban, E., Aronson, J.E., and Liang, T.P., 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Kecerdasan), Yogyakarta: Penerbit Andi

[9] Wibisono.dermawan. Riset Bisnis Panduan bagi Praktisi dan Akademi. Gramedia.Jakarta. 2003