Hambatan-hambatan yang ditemui
dalam proses belajar-mengajar menyebabkan
terjadinya ketidak lancaran komunikasi antara
guru dan siswa. Dalam hal ini pengajar harus
lebih kreatif dalam menerapkan metode
pembelajaran. Hal serupa juga dialami di SDN
Tugu Utara 01 Pagi Jakarta Utara, dimana
dibutuhkan suatu media edukatif guna
meningkatkan minat dan perhatian para
siswanya dalam menunjang proses belajar di
sekolah, khususnya media teknologi informasi
seperti game edukasi. Dengan adanya aplikasi
game ini diharapkan dapat memberi manfaat dan
pengetahuan bagi siswa SDN Tugu Utara 01 Pagi
Jakarta Utara tentang pengenalan 32 provinsi di
Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi
dalam proses belajar mengajar sekaligus
memperkenalkan dengan dunia animasi
multimedia pembelajaran interaktif.
Jurnal Tecno 2016
Nandi. 2006. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di
Persekolahan. Jurnal GEA Jurusan Pendidikan Geografi. (Online), Vol. 6, No.1, April 2006.
Rachman, Hendriyono dan Ahmad Rusdiansyah. 2012. Pengembangan Rancang Bangun Games Edukasi Logistik “Stowagame” Mengenai Penataan Koinrnal tainer di Bay Kapal. Surabaya: Jurnal Teknik, Vol.13, No.1, Februari 2012.
Rosa, A.S., dan Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.
Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Bandung: Jurnal Teknologi
Informasi Vol. 2 No. 1 Periode Juli Desember 2006: 27-33, Juli 2006.
Sugiyanto dan Dzuha Hening Y. 2011. Game Edukasi Ragam Budaya Sebagai Media
Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian dan Rumah Adat Di Indonesia. ISBN: 97926-0255-0. Semarang: Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi danKomunikasi Terapan 2011: 1-7.
Widodo, Prabowo Pudjo. Handayanto, Rahmadya Trias. (2009). Penerapan Soft Computing Dengan Matlab. Bandung : Rekayasa Sains.
Zakaria, Teddy Marcus dan Agus Prijono. 2007. Perancangan Antarmuka Untuk Interaksi Manusia dan Komputer. Bandung: Informatika.