ANALISA EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK BUDHIWARMAN 1 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

research
  • 09 Mar
  • 2022

ANALISA EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK BUDHIWARMAN 1 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS


           Covid 19 adalah wabah yang tengah melanda sekarang ini, ditengah melandanya covid 19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah, sistem pembelajaran secara online memiliki sejumlah besar permasalahan, hal inilah yang membuat siswa menjadi tidak bisa mengikuti pembelajaran secara maksimal. Permasalahan yang dialami baik dari sisi fasilitas, internet maupun dari sisi tugas dan lingkungan, menjadi penyebab siswa menjadi tidak bisa mengikuti pelajaran secara maksimal, SMK Budhiwarman 1 merupakan salah satu sekolah dimana siswanya merasakan dampak dari pembelajaran secara online, tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk melakukan survey untuk bisa mengukur seberapa besar pengaruh dari permasalahan yang dialami terhadap nilai siswa, selain itu juga untuk melakukan uji coba terhadap sistem yang ada sekarang ini. AHP adalah metode yang memungkinkan untuk bisa mengukur tingkat dari permasalahan yang dialami selama pembelajaran online serta bisa untuk memberikan peringkat untuk mengetahui permasalahan utama yang dihadapi. dengan memadukan survey dengan AHP, maka didapatkan permasalahan utama yang paling sering dialami ialah dari internet dan dari fasilitas yang dipergunakan untuk belajar, hal ini membuktikan bahwa AHP bisa menjadi metode utama untuk mencari permasalahan utama dari sekian banyak permasalahan dari sistem pembelajaran online.

Unduhan

 

REFERENSI


[1]         A. Anugrahana, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 3, pp. 282–289, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.


[2]         A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.


[3]         Ely Novianti, “Analisis Kebijakan Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi: Peluang Dan Tantangan,” J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 201–212, 2020, [Online]. Available: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/5663.


[4]         F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.


[5]         H. M. P. Simarmata and P. P. Simarmata, “Tantangan Penerapan Sistem Belajar Online Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemik Covid-19,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 277, 2020, doi: 10.37600/ekbi.v3i1.130.


[6]         H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.


[7]         M. Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika,” Al asma  J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.


[8]         N. B. Argaheni, “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,” PLACENTUM J. Ilm. Kesehat. dan Apl., vol. 8, no. 2, p. 99, 2020, doi: 10.20961/placentum.v8i2.43008.


[9]         N. Simatupang, S. Sitohang, A. Situmorang, and I. Simatupang, “Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana,” J. Din. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 197–203, 2020, doi: 10.33541/jdp.v13i2.1754.


[10]      R. U. Amalia, B. Isnaeni, and Y. Hanafi, “Analisis kendala peserta didik dalam pembelajaran online materi biologi di Smp Negeri 3 Bantul,” Bio Educ., vol. 5, no. 2, pp. 10–15, 2020, [Online]. Available: http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/2422/2043.


[11]      M. R. A. Kaluku and N. Pakaya, “Penerapan Metode AHP-Topsis untuk Mengukur Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pesisir,” Ilk. J. Ilm., vol. 12, no. 3, pp. 191–199, 2020, doi: 10.33096/ilkom.v12i3.652.191-199.


[12]      R. S. Ilhami and D. Rimantho, “Jurnal Optimasi Sistem Industri Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale,” J. optimasi Sist. Ind., vol. 16, no. 2, pp. 150–157, 2017, [Online]. Available: http://josi.ft.unand.ac.id/index.php/josi/article/view/166.


[13]      D. R. Sari, A. P. Windarto, D. Hartama, and S. Solikhun, “Decision Support System for Thesis Graduation Recommendation Using AHP-TOPSIS Method,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.14710/jtsiskom.6.1.2018.1-6.


[14]      G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/233.


[15]      A. Wanto and E. Kurniawan, “Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma Ahp Pada Amik-Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 1, p. 11, 2018, doi: 10.26798/jiko.2018.v3i1.106.