Sistem Penunjang Keputusan Dengan Metode AHP Dalam Strategi Pemasaran Travel Umroh Dan Haji Pada PT. Jabal Rahmah

research
  • 09 Mar
  • 2022

Sistem Penunjang Keputusan Dengan Metode AHP Dalam Strategi Pemasaran Travel Umroh Dan Haji Pada PT. Jabal Rahmah

Penelitian ini membahas tentang sistem penunjang keputusan dalam strategi pemasaran travel umroh dan haji yang digunakan pada PT. Jabal Rahmah Travel Haji dan Umroh, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan biro penyelenggara jasa perjalanan ibadah umroh dan haji. Dalam Travel umroh dan haji ini memiliki sistem penunjang keputusan yang merupakan suatu sistem yang mampu menyediakan fungsi pengelolaan data berdasarkan suatu model tertentu mengenai pengambilan keputusan tentang penggunaan media komunikasi apa yang mudah digunakan dan diminati masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai travel umroh dan haji di PT.Jabal Rahmah, sehingga kami dapat merekrut jama’ah yang ingin melaksanakan perjalanan ibadah haji dan umroh secara jelas dan terperinci. PT. Jabal Rahmah sendiri memiliki strategi pemasaran melalui 3 media komunikasi yaitu melalui media cetak seperti brosur, media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan yang sangat diminati melalui pemasaran langsung seperti melakukan seminar atau bahkan menemui langsung para tokoh agama yang berpengaruh dilingkungan sekitar dan dapat berkomunikasi langsung kepada masyarakat. Dari penerapan konsep strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Jabal Rahmah pengambilan keputusan di lakukan dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Dimana metode pengukuran ini digunakan sebagai skala rasio untuk mengambil suatu keputusan yang efisien dan efektif dalam upaya untuk menawarkan produk dan jasa . Sehingga calon jama’ah dapat membuat keputusan terhadap langkah proses yang akan mereka putuskan pada PT. Jabal Rahmah. Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Jabal Rahmah dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan hasil prioritas yang lebih banyak dilakukan dalam pemasaran kepada masyarakat

Unduhan

 

REFERENSI


[1]               M. Noor, “Haji dan Umrah,” J. Hum. Teknol., vol. 4, no. 1, hal. 38–42, 2018, doi: 10.34128/jht.v4i1.42.

[2]    D. Akuntansi et al., “Haji Dan Umroh,” hal. 26–31, 2020.

[3]               D. T. Suhesti, N. F. Amalia, dan R. Ertama, “Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal,” vol. 2, no. 1, hal. 24–42, 2021.

[4]               R. Ishak, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Profile Maching dan Analytical Hierachy Process Pada PT. Sunny Collection,” J. Perspekt. BSI, vol. XV, no. 2, hal. 136–146, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/download/5069/3 062.

[5]               K. Basuki, ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, vol. 53, no. 9, hal. 1689– 1699, 2019, [Daring]. Tersedia pada: www.journal.uta45jakarta.ac.id.

[6]               A. T. Ningrum, S. Herwanti, H. Kaskoyo, J. Kehutanan, F. Pertanian, dan U. Lampung, “DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS Analysis Marketing Function of Mangosteen In Community Forest Air Kubang Village District of Tanggamus,” J. Hutan Trop., vol. 8, no. 2, hal. 221–231, 2020.

[7]               I. Faizin, “Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan nilai jual madrasah,” Madaniyah, vol. 7, no. 2, hal. 261–283, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75.

[8]               R. Syahputra, “Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan,” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), vol. 6, no. 2, hal. 83–88, 2019, doi: 10.36987/ecobi.v6i2.8.

[9]    M. R. Panjaitan, SE, Ak, “Manajemen Pemasaran,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2019.

[10]            R. Y. Fadillah dan T. Yuniati, “Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Jasa,” vol. 5, hal. 1–17, 2016. 

[11]            H. I. Salam, J. Widodo, dan M. Zulianto, “Strategi Pemasaran Pada Pt Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 13, no. 1, hal. 66, 2019, doi: 10.19184/jpe.v13i1.10422.

[12]    E. Hulasoh, “Komunikasi Pemasaran Terpadu Umroh Esq Tour Travel Pt.
Fajrul Ikhsan Wisata,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 1, no. 2, hal. 32–44, 2018, doi: 10.32493/jpkpk.v1i2.853

[13]    P. T. Ikhwanul dan I. Wisata, “MENINGKATKAN JAMAAH UMROH,” hal. 71–80.