Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Intranet Bagi Siswa Siswi Kelas XI SMK Pasar Minggu Jakarta

research
  • 06 Dec
  • 2020

Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Intranet Bagi Siswa Siswi Kelas XI SMK Pasar Minggu Jakarta

SMK Pasar Minggu adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Proses penilaian hasil belajar dilaksanakan di dalam kelas dengan cara guru membuat soal dan membagikan soal tersebut kepada siswa untuk dikerjakan dan dikumpulkan kembali ke guru saat waktu pengerjaan telah selesai. Cara seperti ini tidak bisa dilaksanakan bagi siswa/siswi kelas XI yang sedang melaksanakan PKL Solusi yang diberikan dari pihak sekolah saat ini adalah untuk siswa/siswi kelas XI yang sedang melaksanakan PKL dapat hadir untuk mengerjakan soal pada hari Sabtu di sekolah. Untuk perekapan nilai dilakukan oleh guru masing-masing pelajaran dengan cara menuliskan satu persatu pada buku nilai sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan guru dalam menuliskan nilainya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangunlah sistem informasi berbasis intranet yang digunakan untuk proses penilaian hasil pembelajaran bagi siswa/siswi kelas XI dengan menggunakan metode waterfall.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdulloh, R. (2018). 7 IN 1 Pemrograman Web Untuk Pemula (1st ed.). Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.

Ariani, S. R., & Muhammad, S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. 6(3), 37–57.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Jubilee Enterprise. (2014). HTML 5 Manual Book. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Kurniawan, H., Indra, S. D., & Jayanta. (2016). Kumpulan Latihan SQL (1st ed.). Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.

Perkasa, D. A., Saputra, E., Fronita, M., Informasi, J. S., Sains, F., Riau, U. I. N. S., … Belakang, A. L. (2015). Sistem Ujian Online Essay Dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis ( LSA ). 1(1), 1–9.

Rifai, A., & Yuniar, Y. P. (2019). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web. VII(1), 1–6.

Setyowati, W., Winarno, W. W., Magister, D., & Informatika, T. (2015). Analisis Penerimaan Teknologi Sistem Ujian Online Untuk. 6–8.

Subandi, & Aulia, A. S. (2018). Basis Data : Teori Dan Praktik Menggunakan Microsoft Office Access (1st ed.; A. Akhrian Ayahidi, ed.). Yogyakarta: Poliban Press.

Sukmaindraya, A., & Rahman, S. (2017). Aplikasi Grosir Pada Toko RSIDIK Bungursari Tasikmalaya. 4(2).

TIM EMS. (2016). PHP 5 dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yunaeti, E., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi (1st ed.; E. Risanto, ed.). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.