Sistem Informasi Jasa Travel (SIJAVEL) Menggunakan Metode Waterfall pada Remember Travel

research
  • 26 Nov
  • 2020

Sistem Informasi Jasa Travel (SIJAVEL) Menggunakan Metode Waterfall pada Remember Travel

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini sangat pesat sehingga semua sektor perekonomian membutuhkan sebuah sistem informasi, agar pelayanan berjalan efektif dan efesien. Dalam penelitian ini penulis membuat sebuah sistem informasu jasa travel (SIJAVEL) dimana sistem ini mencatat semua transaksi pemesanan paket wisata. Perancangan SIJAVEL menggunakan metode Waterfall, metode waterfall merupakan metode yang sangat mudah untuk di ikuti langkahnya oleh perancang sistem, metode waterfall juga memiliki tahapan yang jelas dari tahap analisa, disain sampai dengan implementasi, sehingga dokumen perancangan sistem terdokumentasi dengan baik, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SIJAVEL mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di Remember Travel salah satu permasalahannya adalah kurang efektif dan efesien dalam pelayanan, dengan menggunakan SIJAVEL pelayanan akan lebih efektif dan efesien, selain itu juga mengenai administrasi yang sebelumnya masih menggunakan sistem yang konvensioanl dan banyak dokumen yang hilang, dengan adanya SIJAVEL administrasi menjadi lebih tertib dan dokumen tersimpan dengan baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdulghani, T., Jaelani, L., & Ikhsan, M. (2017). Pembuatan Sistem Informasi Tour & Travel

Berbasis Website (Study Kasus Marissa Holiday Cianjur). Media Jurnal Informatika9(2), 99108.

Buani, D. C. P., & Suryani, I. (2020). Laporan Akhir Penelitian Mandiri STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Nusa Mandiri.

Jayanti, D., & Iriani, S. (2014). Sistem Informasi Penggajian Pada CV . Blumbang Sejati Pacitan. Speed6(3), 3643. https://doi.org/10.3112/SPEED.V6I3.1 041

Kamil, H., & Duhani, A. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 19. https://media.neliti.com/media/publicat ions/172316-ID-pembangunan-sistem- informasi-pelayanan-j.pdf

Maulana, G. G., & Rispiandi. (2015).Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour dan Travel Berbasis Website Electronic Commerce ( Studi Kasus Ninetours Indonesia ) *. Sistem Informasi3(1), 4960.

Pressman, R. . (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I (Andi).

Ridlowi, R., & Himam, F. (2018). Inovasi pada Organisasi Pemerintah: Tahapan dan Dinamika. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)2(1), 22. https://doi.org/10.22146/gamajop.3186 6

Riskiono, S. D. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour). Jurnal Informasi Dan Komputer6(2), 5162. https://doi.org/10.35959/jik.v6i2.112

Rusmayanti, A. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Desa Ngadirejan. Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi6(2), 3539. http://www.ijns.org/journal/index.php/ speed/article/view/1321/1309

Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. A. (2017). Vol 8 No. 2 September 2020

Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika5(2).