Sistem Informasi Perpustakaan (Siipetaka) Pada Smk Al-Kautsar Kebayoran Baru

research
  • 26 Nov
  • 2020

Sistem Informasi Perpustakaan (Siipetaka) Pada Smk Al-Kautsar Kebayoran Baru

Perpustakaan SMK Al-Kautsar Kebayoran Baru merupakaan perpustakaan yang menunjang proses belajar mengajar, banyak dari siswa/siswi dan guru-guru SMK AL-Kautsar yang berkunjung untuk meminjam buku di Perpustakaan sehingga sering terjadi kehilangan buku dan tidak terdokumentasi dengan baik siapa saja yang telah meminjam buku, serta pelayanan yang lambat karena sistem yang masih konvensioanl. Oleh karena itu Perpustakaan SMK AL-Kautsar membutuhkan Sistem Informasi yang mampu menyelesaikan semua permasalahan yang disebutkan diatas. Maka dibuatlah SIIPETAKA atau Sistem Informasi Perpustakaan SMK AL-Kautsar. SIIPETAKA merupakan sistem yang di rancang untuk mempermudah pencatatan data pada Perpustakaan SMK Al-Kautar, SIIPETAKAN dirancang menggunakan metode atau model Waterfall, Model atau Metode Waterfall merupakan salah satu dari model yang digunakan untuk merancang Sistem Informasi. Setiap step dalam metode waterfall mudah untuk diikuti dan dengan menggunakan model Waterfall maka dokumentasi perancangan program terdokumentasi dengan baik. Dengan SIIPETAKA diharapkan permaslahaan yang terjadi seperti kehilangan data, sulit mencari data anggota dan data buku dapat teratasi dengan baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Diyanti, E. M. W., & Buani, D. C. P. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer5(2), 2936.

Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security3(4), 57– 64.

Rakhmah, S. N. (2018). SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BEBASIS WEB PADA SMK NEGERI 2 KOTA BEKASI. Jurnal INKOFAR,1(2). https://doi.org/10.33903/JURNAL INKOFAR.V1I2.11

Sahab, A., & D, W. M. P. (2015). PERANCANGAN DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMAN 5 KEDIRI Pembahasan. Jurnal Ilmiah DASI16(1), 811.

Syafarina, G. A. (2016). PERANCANGAN APLIKASI INVENTORY BARANG MATERIALS DAN PRODUCT. Technologia: Jurnal Ilmiah7(1), 2533. Retrieved from http://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/JIT/article/viewFile/60 9

Yusri. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMP Frater Makasar. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7073.