Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Studi Kasus: SMK YPK–Kesatuan Jakarta

research
  • 25 Nov
  • 2020

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Studi Kasus: SMK YPK–Kesatuan Jakarta

Perpustakan merupakan salah satu fasilitas penunjang sekolah yang memiliki peranan penting dalam menyediakan bahan bacaan atau materi tambahan siswa yang dapat membantu menunjang keberhasilan belajar siswa. Perpustakaan SMK YPK-KESATUAN Jakarta masih menggunakan sistem yang manual seperti pencatatan data anggota, data buku, transaksi peminjaman dan pengembalian sampai pembuatan laporan. Hal ini sangat tidak efektif dan tidak efisien mengingat dengan sistem yang manual akan menghambat kinerja admin perpustakaan untuk mengolah data dan membuat laporan, serta tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan adanya resiko kehilangan atau kerusakan data. Dengan adanya permasalahan diatas maka penulis menyimpulkan bahwa pada perpustakaan ini diperlukan sebuah sistem terkomputerisasi, karna dengan sistem yang telah terkomputerisasi pengolahan data akan lebih efektif dan efisien. Perancangan sistem informasi perpustakaan berbasis web yang penulis usulkan sangat tepat dalam menunjang dan memenuhi aktifitas untuk pengolahan data yang dapat mempermudah admin dalam melakukan pengolahan data pepustakaan. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan SMK YPK-Kesatuan Jakarta menggunakan metode Waterfall, metode ini terbukti mampu menyelesaikan permasalahaan dalam merancang sebuah sistem, karena tahapannya yang mudah diikuti sehingga catatan perancangan sistem terdokumentasi dengan baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdulloh, Rohi. 2015. Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.Anhar. 2013. Dasar Pemrograman Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembanganya. Yoyakarta

Hasugian and Shidiq. 2012. Logical Relational Structure. Jakarta: PT. Gramedia.

Kendall, Kenneth E, dan Julie E. Kendall. 2015. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi Ke-5 Jilid 1. Jakarta: PT Gramedia. Cetakan ke-2.

Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2009. Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Indrijani. 2015. Basis Data. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.Raharjo, Budi. 2015. Belajar Otodidak MySql. Bandung: Informatika.

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dengan PHP (Revisi Kedua). Bandung: Informatika

Simarmata, Janner dan Imam Paryudi. 2010. Entity Relation Diagram and Normalisasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Shalahuddin, M dan Rosa AS. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Sutabri, Tata. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.