ANALISA PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR NIAGA SEJAHTERA (SNS) BEKASI DENGAN METODE C4.5

research
  • 23 Nov
  • 2020

ANALISA PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR NIAGA SEJAHTERA (SNS) BEKASI DENGAN METODE C4.5

Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Algoritma C4.5 dalam memprediksi loyalitas pelanggan di PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS). Algoritma C4.5 adalah algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan yang dibangun dengan tiga tahap yaitu pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan membagi kasus dalam cabang. Jenis penelitian ini yakni prediksi dengan konsep data mining yang melibatkan data sekunder yang diperoleh dari PT SNS sebanyak 100 data transaksi pelanggan. Dari 100 data transaksi terdiri dari 78 pelanggan loyal dan 22 pelanggan tidak loyal. Terdapat lima atribut yang mempengaruhi loyalitas pelanggan diantaranya yaitu: status pelanggan, transaksi pertahun, jumlah pembelian merk, pembayaran pertahun, lama berlangganan. Pada algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain. Hasil yang dicapai adalah aturan – aturan yang dapat digunakan untuk menggambarkan proses prediksi yang terkait dengan keloyalitasan pelanggan. Adapun perangkat lunak yang menerapkan Algoritma C4.5 dengan menggunakan aplikasi Rapidminer Studio. Hasil akurasi dari penelitian ini adalah 94,00%. Dari akurasi yang tinggi tersebut, maka Algoritma C4.5 layak diterapkan di PT. SNS untuk memprediksi loyalitas pelanggannya

Unduhan

 

REFERENSI