Penelitian
ini dilakukan dengan menerapkan Algoritma C4.5 dalam memprediksi loyalitas
pelanggan di PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS). Algoritma C4.5 adalah algoritma
yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan yang dibangun dengan tiga tahap
yaitu pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan
membagi kasus dalam cabang. Jenis penelitian ini yakni prediksi dengan konsep data mining yang melibatkan data sekunder yang diperoleh dari PT
SNS sebanyak 100 data transaksi pelanggan. Dari 100 data transaksi terdiri dari
78 pelanggan loyal dan 22 pelanggan tidak loyal. Terdapat lima atribut yang
mempengaruhi loyalitas pelanggan diantaranya yaitu: status pelanggan, transaksi
pertahun, jumlah pembelian merk, pembayaran pertahun, lama berlangganan. Pada
algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain. Hasil yang dicapai adalah aturan – aturan yang dapat
digunakan untuk menggambarkan proses prediksi yang terkait dengan keloyalitasan
pelanggan. Adapun perangkat lunak yang menerapkan Algoritma C4.5 dengan
menggunakan aplikasi Rapidminer
Studio. Hasil akurasi dari penelitian ini adalah 94,00%. Dari
akurasi yang tinggi tersebut, maka Algoritma C4.5 layak diterapkan di PT. SNS
untuk memprediksi loyalitas pelanggannya
Peer Reviewer