Penerapan Metode SAW Pada Pemilihan Siswa/i Berprestasi Untuk Mendapatkan Beasiswa pada MTs. Amanah Bamadita

Lihat/Buka

Tanggal

2019-10-31

Penerbit

Syntax : Jurnal Informatika

Abstraksi

MTs. Amanah Bamadita merupakan salah satu sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terletak di Jakarta. Sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan, pihak MTs. Amanah BAMADITA memberlakukan pengadaan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi berprestasi. Beasiswa tersebut berupa kebijakan siswa dibebaskan untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), dimana setiap bulannya biaya SPP sejumlah Rp. 180.000,00. Adapun dalam pengambilan keputusan penerima beasiswa masih dilakukan secara manual, dimana proses penyeleksian ini hanya menggunakan satu kriteria saja yaitu berdasarkan nilai rapot dan masih adanya kerangkapan data penerimaan beasiswa, sehingga pelaksanaan dan pengadaan beasiswa dinilai belum mampu menciptakan keadilan atau kurang tepat sasaran,  Selain itu masih kurang relevan dalam pemilihan siswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa dikarenakan belum  menggunakan  metode  perhitungan  yang  tepat. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Hasil peneilitian dari metode Simple Additive Weighting (SAW) yang telah diperhitungkan dapat disimpulkan bahwa yang berhak menerima beasiswa ada Enam orang siswa dimana memiliki nilai ?0,90 dan yang tertinggi adalah siswa yang bernama Gemma Nur Cahaya dengan hasil 0,96.

Kata Kunci: Simple Aadditive Weighting (SAW); Beassiswa Berprestasi, Prioritas

URI
https://journal.unsika.ac.id/index.php/syntax/article/view/2040

Bidang ilmu
Data Mining

References

R. A. Saputra, “Penerapan Metode Iterative Dichotomizer 3 ( ID 3 ) untuk Menentukan Beasiswa Berprestasi pada SMP PGRI,” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. 15, no. E-ISSN: 2527-6514, pp. 35–40, 2019.

F. Destiawati and H. Dhika, “Kajian Perancangan Rule Algoritma Terhadap Kelayakan Pemberian Beasiswa Pada Sekolah Menengah Atas,” Konf. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 159-INF.164,

2016.

M. I. Susanti and S. Wasiyanti, “Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Dalam Penentuan Pemberian Beasiswa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Swabumi, vol. 5, no. ISSN: 2355-990, pp. 114–123, 2017.

E. Y. Arianto, F. B. Siahaan, and S. Informasi, “Analisa Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting Pada PT . Unilever Indonesia Tbk,” vol. 4, no. 1, pp. 194–204, 2018.