Implementasi Data Mining Penjualan Cat PT. Pancamas Putramandiri Menggunakan Algoritma Apriori

research
  • 18 Nov
  • 2020

Implementasi Data Mining Penjualan Cat PT. Pancamas Putramandiri Menggunakan Algoritma Apriori

Algoritma Apriori pada saat ini telah di implementasikan ke berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang bisnis atau perdagangan dan bidang pendidikan, di bidang bisnis misalnya implementasi Data Mining algoritma apriori untuk sistem penjualan tujuanya untuk membantu para pebisnis meningkatkan penjualan produk, sedangkan di bidang pendidikan misalnya implementasi data mining untuk menemukan pola hubungan tingkat kelulusan mahasiswa dengan data induk mahasiwa. Informasi tersebut didapat dengan memproses data yang tersedia Saat ini proses analisa yang berkaitan dengan kegiatan transaksi yang dilakukan dengan kurang baik, Maka dalam penelitian ini penulis meminta data di perusahaan kemudian diproses mengunakan Software Tanagra dan data tersebut secara terkomputerisasi dapat  lebih baik, sehingga diperoleh informasi yang strategis. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan baru yang dapat menyediakan informasi strategis. Data Mining sangat berguna untuk mengetahui hubungan pola frekuensi penjualan cat yang paling sering dibeli. Data Mining merupakan teknologi yang sangat penting dari gudang data mereka yang selama ini tidak diketahui apa manfaatnya.

REFERENSI

Faradillah, S. (2013). Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer Dengan Menggunakan Algoritma C4.5. Pelita Informatika Budi Darma.

Hermawati. (2013). No Title. In data mining (p. 3).

Kusrini, E. T. L. (2009). Algoritma Data Mining (T. A. Prabawati, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=-Ojclag73O8C&printsec=frontcover&dq=algoritma+apriori&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjJuKjIx-7jAhUIWysKHQt6DnwQ6AEILDAB#v=onepage&q=algoritma apriori&f=false%0D

Siregar, S. R. (2014). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI ( Studi Kasus : Jumbo Travel Medan ). Pelita Informatika Budi Darma, Volume Vii, Nomor 1, Juli 2014, VII, 152–156.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2018). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal. s://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41