Peran Bussines Intelligence Dalam Menentukan Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru

research
  • 12 Oct
  • 2020

Peran Bussines Intelligence Dalam Menentukan Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru online berusaha untuk menarik siswa-siswi SMA dan sederajat untuk menjadi mahasiswa di ISTA. Permasalahan yang terjadi adalah masih besarnya persentase calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang padahal sudah dinyatakan lulus seleksi sehingga target kuota mahasiswa baru tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan mengelompokan data mahasiswa ke dalam beberapa cluster berdasarkan kemiripan dari data tersebut. Sehingga data mahasiswa yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan dalam satu cluster dan yang memiliki karakteristik berbeda dikelompokkan dalam cluster yang lain, dengan memanfaatkan proses data mining yaitu metode smart clustering k-means. Sistem Bussines inteligence pada penelitian ini berperan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif institusi melalui pendayagunaan berbagai data, informasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh institusi sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah CRISP-DM dengan proses business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation dan deployment. Pengujian dilakukan menggunakan tool RapidMiner 7.3 untuk membantu menemukan hasil yang akurat untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan cluster yang terbentuk oleh pihak marketing ISTA.

Unduhan

 

REFERENSI