IMPLEMENTASI QOS MENGGUNAKAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET PADAYAYASAN TARAKANITA KANWIL TANGERANG

research
  • 05 Oct
  • 2020

IMPLEMENTASI QOS MENGGUNAKAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET PADAYAYASAN TARAKANITA KANWIL TANGERANG

Internet sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi suatu lembaga. Pemakaian jasa layanan internet semakin tumbuh pesat seiring berjalannya waktu serta semakin meningkatnya kemudahan mendapatkan akses internet. Tetapi kemudahan akses internet, tidak diiringi dengan meningkatnya jumlah bandwidth yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP). Mahalnya harga bandwidth menyebabkanpembatasan jumlah bandwidth yang diberikan ISP. Tanpa adanya manajemen bandwidth, banyak komputer yang menggunakan akses internet secara tidak beraturan sehingga menyebabkan komputer lain tidak mendapat jatah bandwidth yang adil. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kualitas komunikasi data dan menjamin Quality of Service (QoS) adalah dengan

adanya manajemen bandwidth. Mikrotik RouterOS dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menerapkan manajemen bandwidth pada jaringan. Metode yang dapat dikembangkan pada Mikrotik RouterOS dalam hal kebijakan pengaturan bandwidth adalah Hierarchical Token Bucket(HTB). Konsep HTB ini mempunyai kelebihan dalam pembatasan trafik pada tiap level maupun klasifikasi, sehingga bandwidth yang tidak dipakai oleh level yang tinggi dapat digunakan atau dipinjam oleh level yang lebih rendah. Nantinya script-script konfigurasi, akan diimplementasikan pada Mikrotik RouterBoard untuk mengatur penggunaan bandwidth pada masing-masing komputer user.

REFERENSI

Arifin, Yunus. 2012. Implementasi Quality of Service dengan Metode HTB (Hierarchical Token Bucket) Pada PT. Komunika Lima Duabelas. Bali :JELIKU Vol 1 No. 2 Nopember 2012. Diambil dari:

http://download.portalgaruda.org/article.phparticle=14829&val=979&title=IMPLEMENTASI%20QUALITY%20OF%20SERVICE%20DENGAN%20METODE%20HTB%20(HIERARCHICAL%20TOKEN%20BUCKET)%20PADA%20PT.KOMUNIKA%20LIMA%20DUABELAS(1 Nopember 2016)

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Handbook Jaringan Komputer. Bandung:Informatika Bandung.

Silitonga, Parasian, Irene Sri Morina. 2014. Analisis QoS (Quality of

Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard

(Studi Kasus: Fakultas IlmuKomputer Unika Santo ThomasS.U). Diambil dari:http://ejournal.stmiktime.ac.id/index.php/jurnalTIMES/article/download/24/18(1 Nopember2016)

Towidjojo, Rendra. 2016. MikroTik Kung Fu Kitab 2. Jakarta: Jasakom.

_________. 2016. MikroTik Kung Fu Kitab 3. Jakarta: Jasakom.

_________. 2016. MikroTik Kung Fu Kitab 4.

Jakarta: Jasakom.