SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. YODYA KARYA (PERSERO) MENGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

research
  • 11 Sep
  • 2020

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. YODYA KARYA (PERSERO) MENGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI


Fadli Pramana (11170067),Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Mengunakan Metode Fuzzy Mamdani”.


Penilaian prestasi kerja karyawan sebagai alat yang berguna untuk memotivasi atau sebagai acuan kinerja karyawan sangatlah penting. namun dalam penilaian prestasi kerja karyawan pada PT. Yodya Karya (Persero) belum memiliki standar/metode yang baku, karena masih memakai sistem manual dalam setiap proses penilaiannya serta proses penilaian oleh tim masih belum transparan dikarenakan masih terdapat unsur politik. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang bisa membantu pengambilan keputusan penilaian prestasi kerja karyawan, sehingga bisa terpilih karyawan yang berprestasi, dan mengurangi tingkat kesalahan dalam proses penilaian. Pada penelitian ini digunakan metode fuzzy mamdani untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Variabel yang digunakan untuk perhitungan fuzzy pada sistem ini adalah variabel Disiplin, Tanggung Jawab, serta Loyalitas. Dengan data-data yang ada dan setelah dianalisis data yang dijadikan sample dikategorikan memberikan penilaian setuju terhadap penilaian prestasi kerja karyawan dengan nilai 8,5. sehingga akan didapatkan karyawan yang paling layak diberi reward atau penghargaan.


 


 


Unduhan

 

REFERENSI


Agus Trisyanto, Febri Baruna Kesuma, Shinta Puspasari. 2014. Studi Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy Mamdani untuk Seleksi Pegawai Teladan pada PT. Gracia Pharmindo. ISSN: 2407-1102. Palembang. Seminar Perkembangan dan Hasil Penelitian Imu Komputer (SPHP-ILKOM) Diambil dari: http://eprints.mdp.ac.id/1026/. (04 Desember 2017).


 

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif.  Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.



Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.



Magdalena Simanjuntak, Achmad Fauzi. 2017. Penerapan Fuzzy Mamdani Pada Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus STMIK Kaputama Binjai). ISSN: 2528-5114. Binjai. Jurnal ISD Vol.2, No.2. Diambil dari: https://ejournal.medan.uph.edu/index.php/isd/article/view/157/38. (04 Desember 2017).



Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.


Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustakabaru Press.


Sumiati, Shodik, Nuryadin. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penilain Kinerja Dosen Dengan Metode Fuzzy Database Model Mamdani. ISSN: 1412-3762. Banten. Jurnal Electrans Vol.12, No.3. Diambil dari: http://jurnal.upi.edu/electrans. (04 Desember 2017).


Wibowo, 2011, Manajemen Perubahan, Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.