ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN TOKOH ILMUWAN MUSLIM BERBASIS ANDROID

research
  • 11 Sep
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN TOKOH ILMUWAN MUSLIM BERBASIS ANDROID

Rezza Budy Utomo (11160300), Animasi Interaktif Pengenalan Ilmuwan Muslim Berbasis Android.


Untuk mengajari anak-anak pengenalan ilmuwan muslim perlu kesungguhan dan kesabaran dari pihak guru maupun orangtua. Walau demikian kondisinya, masih banyak orangtua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada guru. Padahal tugas guru adalah sebagai pemberi konsep awal untuk mengajarkan pengenalan ilmuwan Muslim. Orangtua pun sebaiknya ikut berusaha membimbing bagaimana caranya agar anak cepat mengerti tentang pengenalan Ilmuwan muslim. Karena itu, diperlukan media alternatif yang dapat dijadikan media pembelajaran bagi anak-anak sekolah dasar melalui media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk animasi yang menarik, mudah dipahami dan tidak cepat membosankan. Aplikasi edukatif sebagai media pembelajaran dapat menarik perhatian anak untuk senang belajar sambil bermain pengenalan ilmuwan Muslim tanpa terbatas masalah waktu maupun tempat karena menggunakan media berbasis android.


Unduhan

 

REFERENSI


A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan

Berorientaasi Objek. Bandung: Informatika


 

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya

Yogyakarta: Andi offset.


 

Bustaman, Burmansyah. 2001. Web design dengan macromedia flash mx 2004.

Yogyakarta: Andi Offset

 


Hidayatullah, A. Taufik. 2007. Secara mudah membuat obyek Web dengan Macromedia FLASH Professional 8. Surabaya: Indah.

 


H. Hendi dan Robby.  2011. The Magic of  Macromedia Director. Bandung: Informatika


Hermawan, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset



M. Suyanto. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi offset

 


Madcoms.2012. Adobe Flash Professional CS6 untuk Pemula, Andi Offset.

Yogyakarta: Andi Offset


Novianto, Fiftin. 2008. Membangun Sistem Pembelajaran Pengenalan Bentuk Untuk Anak Berbasis Multimedia dan game interaktif. Jurnal Informatika Vol 2, No. 1, Januari 2008.


Purwanti, Ika. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013 Vol.2  No. 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1163 – seruniid.unsa.ac.od.


Putra, Fahreza Fauzi. 2012. Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Android Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika Vol. 1, September 2012.


Safaat, Nazruddin. 2011.  Android. Bandung: Informatika


Sitorus, Lamhot. 2015. Algoritma Dan Pemograman. Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Suciadi, Andi Andreas. 2003. Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia



Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Flash MX. Jakarta: Dinastindo


Sutedjo, Budi dan A. N. Michael. 2004. Algoritma dan Tehnik Pemograman. Konsep

Implementasi, Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset



Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu


Wahana Komputer. 2014. Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe Air. Yogyakarta: PT. Raga Grafindo Persada.


Yulikuspartono. 2009. Pengantar Logika dan Algoritma. Yogyakarta: Andi Offset