Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan Pada PT.ISS INDONESIA Pada Area Rumah Sakit Hermina Depok

research
  • 31 Aug
  • 2020

Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan Pada PT.ISS INDONESIA Pada Area Rumah Sakit Hermina Depok

ABSTRAK

 

 

 

Muhammad Arifin (11180077), Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan Pada PT.ISS INDONESIA Pada Area Rumah Sakit Hermina Depok

 

Komputer merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya di bidang pendidikan dan pekerjaan. Animasi interaktif merupakan media pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif serta memiliki nilai seni kreatif tinggi dalam penyampaian materi, menjadikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan informasi secara manual. Pembuatan animasi materi pelatihan mesin kebersihan , bertujuan untuk menambah sarana pembelajaran bagi karyawan dalam menarik minat dan perhatian dalam pelatihan. Program animasi interaktif yang dibangun menggunakan konsep pelatihan teori mesin kebersihan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam perancangan animasi interaktif adalah dengan observasi secara langsung terhadap kegiatan pelatihan dari sudut pandang team leader dan operator guna mendapatkan gambaran yang optimal. Dalam program animasi interaktif ini terdapat proses-proses pembelajaran mengenal bagian-bagian mesin dengan dukungan tombol interaktif, gambar-gambar yang menarik serta audio untuk meningkatkan daya serap karyawan terhadap isi materi, dan dilengkapi latihan-latihan. Dengan animasi interaktif ini diharapkan membuat karyawan merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan karyawan.

 

Kata Kunci : Animasi Interaktif, Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Binanto, Iwan 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.

Yogyakarta: C.V Andi.

Chandra. 2011. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS5 untuk Orang Awam.

Palembang: Maxikom

 

Febrian, Jack. 2007. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung:

Informatika Bandung.

Jayan. 2010. 7 Jam Belajar Interaktif Photoshop CS5 untuk Orang Awam.

Palembang: Maxikom.

 

Madcoms, 2014. Panduan Lengkap Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS4.

Yogyakarta: Andi Offset

 

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Sukamto, Ariani Rosa dan M Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Diambil

dari:ejournal.bsi.ac.id/assets/files/MULIA_RAHMAYU.pdf

( 19 Desember 2017)

 

 

Vabean, Pradwytama Mahendra Derrys. 2016. Animatio Studio. Diambil dari:

http://direktorionlinestudioanimasi.hol.es/animation-studio/animation-studio/.

(19 Desember 2017)

 

Wibawanto, wandah, 2015. Animasi Motion Tween. Diambil dari:

http://www.wandah.org/dkv/animasi-motion-tween (19 Desember 2017)

 

Wibowo, Eko hadi. 2015. Flashbook Tips dan Trik Project Flash. Yogyakarta: Andi

Offset.

 

Willsen, Lea. 2016. Game Flash Kreatif Tanpa Pengkodean. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.