ABSTRAK
Muhammad Arifin
(11180077), Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan Pada PT.ISS INDONESIA
Pada Area Rumah Sakit Hermina Depok
Komputer merupakan suatu
peralatan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah
satunya di bidang pendidikan dan pekerjaan. Animasi interaktif merupakan media
pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif
serta memiliki nilai seni kreatif tinggi dalam penyampaian materi, menjadikan
pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan informasi secara
manual. Pembuatan animasi materi pelatihan mesin kebersihan , bertujuan untuk
menambah sarana pembelajaran bagi karyawan dalam menarik minat dan perhatian
dalam pelatihan. Program animasi interaktif yang dibangun menggunakan konsep
pelatihan teori mesin kebersihan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh
penulis dalam perancangan animasi interaktif adalah dengan observasi secara
langsung terhadap kegiatan pelatihan dari sudut pandang team leader dan
operator guna mendapatkan gambaran yang optimal. Dalam program animasi
interaktif ini terdapat proses-proses pembelajaran mengenal bagian-bagian mesin
dengan dukungan tombol interaktif, gambar-gambar yang menarik serta audio untuk
meningkatkan daya serap karyawan terhadap isi materi, dan dilengkapi
latihan-latihan. Dengan animasi interaktif ini diharapkan membuat karyawan
merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan karyawan.
Kata Kunci : Animasi
Interaktif, Animasi Materi Pelatihan Mesin Kebersihan
S1_Skripsi
DAFTAR PUSTAKA
Binanto,
Iwan 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.
Yogyakarta: C.V Andi.
Chandra.
2011. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS5 untuk Orang Awam.
Palembang: Maxikom
Febrian,
Jack. 2007. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung:
Informatika Bandung.
Jayan.
2010. 7 Jam Belajar Interaktif Photoshop CS5 untuk Orang Awam.
Palembang: Maxikom.
Madcoms,
2014. Panduan Lengkap Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS4.
Yogyakarta: Andi Offset
Munir.
2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sukamto,
Ariani Rosa dan M Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Diambil
dari:ejournal.bsi.ac.id/assets/files/MULIA_RAHMAYU.pdf
( 19 Desember 2017)
Vabean,
Pradwytama Mahendra Derrys. 2016. Animatio Studio. Diambil dari:
http://direktorionlinestudioanimasi.hol.es/animation-studio/animation-studio/.
(19 Desember 2017)
Wibawanto,
wandah, 2015. Animasi Motion Tween. Diambil dari:
http://www.wandah.org/dkv/animasi-motion-tween (19
Desember 2017)
Wibowo,
Eko hadi. 2015. Flashbook Tips dan Trik Project Flash. Yogyakarta: Andi
Offset.
Willsen,
Lea. 2016. Game Flash Kreatif Tanpa Pengkodean. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.