Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik pada PT. Kreasi Inspirasi Sahabat dengan Menggunakan Simpe Additive Weighting (SAW)

research
  • 27 Aug
  • 2020

Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik pada PT. Kreasi Inspirasi Sahabat dengan Menggunakan Simpe Additive Weighting (SAW)

ABSTRAK

 

Ridan Hidayatullah (111532639), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik pada PT. Kreasi Inspirasi Sahabat dengan Menggunakan Simpe Additive Weighting (SAW)

 

Dalam pemilihan karyawan terbaik untuk memacu semangat para karyawan atas kinerjanya. Namun perusahaan sering mengalami kendala dalam menentukan karyawan terbaik yang tidak tepat sasaran. Dimaksud dengan tidak tepat sasaran yaitu pemilihan karyawan terbaik hanya dari satu penilaian tertentu dari perusahan tanpa melihat kreteria penilaian yang lain. Penilaian merupakan hal yang sangat penting karena dilakukan secara adil. Apabila dalam proses penilaian terjadi ketidakadilan atau ketidakkonsistenan, maka akan ada pihak yang akan merasa dirugikan. Untuk menentukan karyawan terbaik dengan demikian penulis merancang sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simpel Additive Weighting (SAW). . Penggunaan metode simple additive weighting ini dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Hasil akhir dari penelitian ini adalah memunculkan alternatif solusi karyawan terbaik dengan memasukkan beberapa alternatif karyawan (sampel aplikator) dan penilaian-penilaian dari beberapa kriteria yang sudah ditentukan seperti Hasil Kerja, Kedisplinan, Prilaku Kerja, Waktu Kerja.

 

Kata Kunci : Karyawan, Metode SAW (Simple Additive Weighting), Sistem Penunjang Keputusan. 

Unduhan

 

REFERENSI

Daftar Pustaka

 

 

Adib,  helen sabera. (2015). TEKNIK PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN ILMIAH DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. 139–157.

Arifin,  johan. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=hDBIDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=populasi+dan+sampel+penelitian&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwik16fxiv_iAhXFKY8KHSG3Al04ChDoAQgoMAA#v=onepage&q=populasi dan sampel penelitian&f=false

Astuti, Y., & Isna Zahrotul Fu’ad. (2017). Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Patra Nur Alaska. Seminar Nasional Tekhnologi Informasi Dan Multimedia, 37–42. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semna steknomedia/article/view/1699/1576

Bungin,  burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (9th ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=rBVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=populasi+dan+sampel+penelitian&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjXz4_e_f7iAhWHK48KHcJ1At8Q6AEIOzAD#v=onepage&q=populasi dan sampel penelitian&f=false

Firdaus, I. H., Abdillah, G., & Renaldi, F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), 2016(Sentika), 440–445.

Hamdi, A. saepul, & Bahruddin, E. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF APLIKASI DALAM PENDIDIKAN.

Irawan, P., Mazalisa, Z., & Panjaitan, F. (2015). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI), 135–138.

Marbun, E. D., Sinaga, L. A., Simanjuntak, E. R., Siregar, D., & Afriany, J. (2018). Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 5(1), 24–28.

Mazilati, A. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi.

Nofriansyah, D. (2014). konsep data mining vs sistem pendukung keputusan.

program studi sistem informasi fakultas sains dan teknologi universitas ma chung. (2018). Studi Kasus Sistem Penunjang Keputusan, membahas metode SAW dan TOPSIS - Google Play. Retrieved May 20, 2019, from CV. Seribu Bintang website: https://play.google.com/books/reader?id=tKRdDwAAQBAJ&hl=id&printsec=frontcover&pg=GBS.PP3

Safitri, K., Waruwu, F. T., & Mesran. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : PT. Capella Dinamik Nusantara Takengon). Media Informatika Budidarma, 1(1), 17–21.

setiawan,  rudi. (2018). Metodologi Penelitian Teknologi Informasi (soetam rizky wicaksono,


 Ed.). Retrieved from https://play.google.com/books/reader?id=aFd1DwAAQBAJ&hl=id&pg=GBS.PA37

Taufiq, R., Permana, A. A., Cahyanto, T., & Adha, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa. 4(4), 186–194.

Windarto, A. P. (2018). Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PTPN III Pematangsiantar Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 2(1), 84. https://doi.org/10.30645/jurasik.v2i1.22