PENGARUH METODE BELAJAR CEPAT DAN MANAJEMEN WAKTU SERTA MOTIVASI TERHADAP PRESTASI SISWA

Lihat/Buka

Tanggal

2017-08-21

Abstraksi

Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.Oleh karena itu, pendidikan hendaknya dikelola, baik secara kualitas maupun kuantitas. Semua proses yang dilakukan oleh siswa baik di sekolah dan bimbingan belajar berujung kepada prestasi siswa. Metode belajar yang tepat dan cepat berperan sebagai saringan untuk pembelajaran, pemrosesan dan komunikasi. Manajemen waktu dalam
pelaksanaan pembelajaran dapatdiartikan sebagai pengelolaan terhadap waktu dalam proses kegiatan pelaksanaan pembelajaran seminggu untuk menyelesaikan tugas danpeningkatan keprofesionalan.Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan di dahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran, pengaruh dan hubungan antara metode belajar cepat, manajemen waktu, motivasi siswa dan prestasi siswa Program Juara di Ganesha Operation unit Antapani Bandung.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Program Juara dari tahun 2012 – 2015 yang berjumlah 72 orang.Tenik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 42 orang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif verikatif.Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi berganda dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, analisa regresi linier berganda dan uji tingkat kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar
cepat, manajemen waktu, motivasi siswa dan prestasi siswa Program Juara di Ganesha Operation unit Antapani Bandung berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisa, hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu metode belajar cepat, manajemen waktu, motivasi siswa mempengaruhi prestasi siswa.

Kata Kunci: Kata kunci:Metode Belajar Cepat, Manajemen Waktu, Motivasi Siswa, Prestasi Siswa

URI
http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/197

References

References


Ganesha-operation.co.id : 17 Oktober 2014 (2014). Metode Belajar Cepat.Bandung.

Hi Syafi‟i, Ade Suryani (2009). Manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Yogyakarta

Nasrul Haq (2013).Edukasi.kompasiana.com : 23 Oktober 2013. Kualitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, Nana (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 76.

Sugiyono (2011).Statistika Untuk penelitian.Bandung : Alfabeta.

Sulistyani (2012). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Guide Note Taking Pada Mata Diklat Memilih Bahan Baku Busana Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Yogyakarta.

Sutikno, Sobary (2009). Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi BelajarSiswa. Bandung : Alfabeta, 88.

Watono (2008). Hubungan Pemamfaatan Sarana dan Prasarana Belajar dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjasorker kelas 8 Siswa SMP Negeri Kecamatan Kota kabupaten Kudus. Surakarta

Zahara Idris, Lisma Jamal (1992). Pengantar Pendidikan 2. Jakarta : PT Grasindo.