Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (ANP) pada Balanced Scorecard (BSC) dengan Pendekatan Fuzzy

research
  • 21 Jul
  • 2020

Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (ANP) pada Balanced Scorecard (BSC) dengan Pendekatan Fuzzy

Dunia bisnis semakin kompetitif sehingga tantangan yang dihadapi oleh organisasi baik yang berorientasi laba maupun tidak menjadi semakin kompleks. Tantangan yang dihadapi tidak hanya dari dalam perusahaan seperti tantangan terbatasnya modal, sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas tetapi juga tantangan yang berasal dari luar perusahaan. Tantangan yang berasal dari luar perusahaan, yaitu semakin tingginya tuntutan dari pelanggan dan tekanan dari pemerintah serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Balanced Scorecard merupakan kerangka manajemen yang digunakan dalam pengukuran kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja perusahaan menggunakan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan perkembangan. Tim pakar perusahaan telah menentukan indikator kinerja berdasarkan perspektif BSC. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur kinerja Perusahaan menggunakan Fuzzy Analytic Network Process (FANP) dengan konsep Balance Scorecard. BSC digunakan bukan hanya mengukur kinerja dari aspek keuangan saja tetapi juga mempertimbangkan kinerja dari aspek non keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah Perusahaan tersebut telah menjalankan perusahaannya berdasarkan indikator kinerja dari perspektif BSC yang sesuai dengan visi dan strategi menggunakan Fuzzy Analytic Network Process (FANP) sebesar 88,31%.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] V. Devani, “Pengukuran Kinerja Perpustakaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 15, no. 1, p. 27, 2017.

[2] M. dan Sari and T. Arwinda, “Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan PT.Jamsostek Cabang Belawan,” J. Ris. Akuntasi dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 28–42, 2015.

[3] I. G. Eggy, P. Wiguna, N. Gst, and P. Wirawati, “E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PENGUKURAN KINERJA TRANS SARBAGITA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indones,” Issn 1412-8837, vol. 21, pp. 1072–1100, 2017.

[4] E. M. H. dan A. Slamet, “Analisis Kinerja Manajemen Rumah Sakit Umum Bina Kasih Ambarawa Dengan Pendekatan Balanced Scorecard,” Manag. Anal. J., vol. 1, no. 3, pp. 1–14, 2017.

[5] K. Trihastutii, “Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode BSC,” Manag. Anal. J., vol. 1, no. 3, pp. 1–9, 2012.

[6] A. Alimudin, A. Z. Falani, S. W. Mudjanarko, and A. D. Limantara, “Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM,” Ekonika J. Ekon. Univ. kadiri, vol. 4, no. 1, p. 1, 2019.

[7] M. P. Ismail and W. W. Winarno, “Manajemen Sumber Daya Teknologi Informasi Laboratorium Komputer Menggunakan Balanced Scorecard (BSC) dan COBIT 5,” J. Infotel, vol. 9, no. 2, p. 158, 2017.

[8] A. Alimudin, “Analisis Pencapaian Strategi Menggunakan Balanced Scorecard,” J. Pendidik. Ekon. Dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 178– 194, 2017.

[9] Afrina and Muthmainnah, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada Rumah Zakat Dengan Metode Fuzzy Analytical Network Proces ( Fanp ) Di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara,” vol. 2, no. 1, pp. 15–24, 2018.

[10] O. Soesanto, M. M. Shiddiq, and O. Oktarini, “Analytic Network Process (Anp) Pada Balanced Scorecard (Bsc) Dengan Pendekatan Fuzzy,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, p. 205, 2018.

[11] R. Geometry and G. Analysis, “Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Keputusan Multi Kriteria Dengan Algoritma Analytic Network Process Berbasis Android,” J. Sist. Inf., vol. 14, no. I, pp. 33–40.

[12] R. Govindaraju and J. Pratama Sinulingga, “Pengambilan Keputusan Pemilihan Pemasok di Perusahaan Manufaktur dengan Metode Fuzzy ANP,” J. Manaj. Teknol., vol. 16, no. 1, pp. 1–16, 2017.

[13] I. Rahmayuni and I. PP Yusda, “Jurnal Momentum ISSN : 1693- 752X IT GOVERNANCE BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA Jurnal Momentum ISSN : 1693-752X,” Issn 1693-752X, vol. 16, no. 2, 2014.

[14] H. Bone and M. Sholihin, “Pengaruh Perspektif Dan Jenis Ukuran Dalam,” J. Ekon. dan Keuang., vol. 16, no. 80, pp. 457–472, 2012.

[15] V. Pratiwi et al., “Analisis pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard pada perusahaan daerah air minum surakarta tahun 2015 – 2016,” vol. 18, no. April, pp. 208–218, 2018.