SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

research
  • 15 Jul
  • 2020

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI 2018 P-ISSN:2615-1561E-ISSN: 2615-1553800SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSISLinda Marlinda1, Wahyu Indarti21STMIK Nusa mandiri Jakarta JL. Damai No. 8 Warung Jati Barat (Marga Satwa) Jakarta1linda.ldm@nusamandiri.ac.id 2Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta Jl. Salemba 22 Jakarta Pusat 2wahyu.wii@bsi.ac.id ABSTRAKSetiap anak berpotensi mengalami problema dalam belajar, baik ringan serta tidak memerlukan perhatian khusus dari orang lain karena dapat diatasi sendiri oleh anak yang bersangkutan dan ada juga yang problem belajarnya cukup berat sehingga perlu mendapatka perhatian dan bantuan dari orang lain. Dalam konteks sekolah, banyak pengalaman yang membuktikan dan menunjukkan bahwa anak-anak yang terlihat baik di sekolah berhubungan dengan pengasuhan keluarga dalam memperhatikan pendidikan mereka. Guru dan orang tua dapat saling bertukar informasi tentang pekerjaan sekolah anak dan saling belajar. Dalam rangka memperkuat hubungan antara guru dan orang tua, penting untuk membangun model komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua guna mendukung anak-anak mereka belajar di sekolah maupun di rumah. Interaksi sosial diantara anak berkesulitan belajar dan normal pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat memberikan rangsangan bagi interaksi anak berkesulitan belajar. Hubungan sosial yang dilakukan oleh anak berkesulitan belajarpada saat proses pembelajaran terkadang menunjukkan siswa tersebut mampu berkomunikasi dan berbaur dengan siswa normal yang lain. Metode belajar berkelompok dapat membantu siswa menciptakan situasi di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan sehingga dapat memtotivasi siswa khususnnya siswa autis. Secara umum, interaksi sosial diantara anak berkesulitan belajar memberikan dampak yang baik dalam mencapai tujuan akademik dan sosial. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pemilihan metode ini didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Tujuannya adalah agar kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien, yaitu tujuan akhir yang diharapkan dapat dikuasai oleh semua siswa yang mengalami kesulitan belajar.Dengan menggunakan sistem penunjang keputusan metode topsis diharapkan dapat membantu paraguru atau orang tua dalam menangani metode belajar yang akan diterapkan

Unduhan

  • 2018-sistem penunjang keputusan strategi belajar.pdf

    riviewer-SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

    •   diunduh 120x | Ukuran 98 KB
  • 2018-SEMANSTEK-LENGKAP.pdf

    Jurnal-SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

    •   diunduh 426x | Ukuran 2,194 KB

 

REFERENSI

Mallu, S., & Keputusan, S. P. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis, I(2), 3642.Marbun, M., & Sinaga, B. (2017). Mahasiswa Dengan Metode Topsis Di Stmik Pelita, 1(2), 915.Mastiani, E., & Andini, D. W. (2016). Emay Mastiani & Dinar Westri Andini, II(1), 149161.Ridwan, M., Parlina, I., Satria, H., Informasi, J. S., Utara, P. S., Utara, P. S., & Utara, P. S. (N.D.). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Merekomendasikan Smartphone Untuk Kalangan Pemula Dengan Metode TOPSIS.Sari, R. E. (2015). Kerajinan Meubel Dengan Metode Topsis, 211216.Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Bogor, U. D. (2017). Employing Group Work Method In Social Interaction For Autistic, 4(2), 101114.(Studi, Guru, Dasar, & Bogor, 2017)Model KomunikasiEfektifAntara Guru Dan Orang TuaAnakBerkebutuhanKhususDalamPemberian Program Adl(AktivitasKeseharian) Dan PolaAsuhDi SekolahInklusifKabupaten BandungAlif Wahyu Oktaputra, Dr., Ir Edi Noersasongko, M.K., 2014. Sistem Pendukung KeputusanKelayakan Pemberian Kredit Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting