Animasi Interaktif Pengenalan Angka, Huruf Dan Warna Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates

research
  • 15 Jul
  • 2020

Animasi Interaktif Pengenalan Angka, Huruf Dan Warna Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates

Kebutuhan akan media pembelajaran saat ini sangat diperlukan terlebih lagi yang berbasis mobile sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Salah satunya pembelajaran tentang mengenal angka, huruf dan warna bagi anak usia dini. Untuk meningkatkan intensitas dan efesiensi penyampaian perlu media pembantu
yang dikemas secara menarik, santai, dan interaktif. Salah satu caranya adalah mengemas dengan format Game. Pada saat ini anak-anak usia 4-6 tahun merasa jenuh dengan media pembelajaran konvensional seperti buku  dan kartu pengenalan angka, huruf dan warna dan kurang efektifnya media pembelajaran yang
ada  sehingga  anak  kurang  mampu  mengoptimalkan  kecerdasan  visualnya  yakni  mengenal  gambar. Algoritma dalam game ini menggunakan Algoritme Fisher -Yates yaitu suatu metode pengacakan dan kompleksitas algoritmanya secara optimal O (n) sehingga implementasi algoritma tersebut menjadi dasar aplikasi game interaktif yang didasari pada masalah yang terjadi sehari – hari terhadap perkembangan
belajar anak. Media pembelajaran interaktif  yang tidak bersifat monoton,  sehingga dibuat sebuat aplikasi ini dapat digunakan di Personal Computer dan Perangkat Android sebagai permainan yang mengandung pengetahuan. Aplikasi pembelajaran sudah diuji coba oleh penulis pada 10 anak yang  berumur 4 – 6 tahun
secara random dan dapat disimpulakan anak – anak tersebut dapat lebih memahami dan menghapal angka, huruf dan warna dengan mudah dengan Nilai ini dibandingkan dengan nilai r tabel pada signifikan 0,05 dengan uji 2 sisi dan jumlah data responden (n) = 10, maka didapat r tabel sebesar 0,47.

Unduhan

  • 2016-SNTI-Trisakti.pdf

    Jurnal -ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN WARNA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES

    •   diunduh 275x | Ukuran 1,354 KB
  • 2016-snti-trisakti-animasi interaktif pengenalan angka.pdf

    riviewer-ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA, HURUF DAN WARNA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES

    •   diunduh 78x | Ukuran 94 KB

 

REFERENSI

[1] Santi, Isma Trisna . “Pembuatan Game pembelajaran pengenalan huruf Hijaiyah di  taman kanak – kanak (TK) Az-Zalfa Didoharji Pacitan”. Volume 6 no 2,  2014.
[2] Pupitosari. Heni A. animasi Grafis dengan Adobe Flash pro CS5. Yogyakarta.
[3] Munir, “ konsep an aplikasi dalam pendidikan. Bandung Alfabeta, 2013
[4] Binanto, Iwan “ Multi media  Digital, Dasar teori dan pengembangannya “. Yogyakarta . 2010
[5] Pressman, Roger.”rekayasa perangkat lunak’. Andi offset yoyakarta , 2010
[6] O’Connor,Derek. “A Historical Note on Shuffle Algorithms, https://www.academia.edu”. 2014
[7] Nugraha Ryan, Exridores Edo dan Sopryadi Hendri, 2012. Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Aplikasi The Lost Insect  Untuk Pengenalan Jenis Serangga Berbasis Unity  3D. Program Studi Informatika, ISSN : 1978-1520. STMIK Global Informatika MDP, Palembang.