Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMU IPA

research
  • 14 Jul
  • 2020

Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMU IPA

Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur – unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan. Proses belajar sangatlah penting dimana proses belajar bagi para siswa SMU IPA merupakan inti proses pendidikan dan pembelajaran ke tingkat dewasa. Kendala yang dialami oleh para siswa dalam mempelajari mata pelajaran fisika, matematika, kimia adalah banyak rumus yang harus dipelajari sehingga menyebabkan turunnya minat dan prestasi siswa untuk memahami pelajaran ini sangat besar. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam diri siswa yaitu kemampuan, minat, bakat, motivasi. Sedang yang berasal dari luar diri siswa seperti keluarga, lingkungan luar, sekolah seperti metode pengajaran, konsep pengajaran, media pembelajaran atau alat bantu, sifat guru, bakat, kondisi sosial dan ekonomi. Model analisa data yang digunakan adalah deskriptif korelasiona, pengumpulan data menggunakan metode angket, pengambil sampel menggunakan teknik proportional sampling, serta teknik korelasi regresi sederhana dan ganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan CD education dan Animasi berbasis android memberikan konstribusi posiif terhadap Minat belajar siswa SMU IPA di Jakarta Timur dengan nilai Ujian Nasional sesuai yang diharapkan.

Unduhan

  • 2015-snips-pengaruh CD education dan animasi berbasis android.pdf

    rieviewer-Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMU IPA

    •   diunduh 74x | Ukuran 98 KB
  • 2015-SNIPS-ITB-LENGKAP.pdf

    Jurnal-Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMU IPA

    •   diunduh 341x | Ukuran 1,224 KB

 

REFERENSI

[1] Danny Manongga, 2 Johan J.C. Tambotoh, 3) Julyandrie N. Bawu, “PerancanganModul Pembelajaran Berbasis Interactive Multimedia Learning”, Jurnal Teknologi Informasi-Aiti Vol. 6. No. 1, pp 16-29 (2009) [2] Mahmuda Saputra, “Penerapan Media Pembelajaran IPTEKNUX untuk Lab Edukasi Virtual”, Prosiding Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi(KeTIK 2014), ISBN: 979-458-766-4, 8 Nopember, Medan , Indonesia, pp. 15-17[3] Linda Marlinda, “Pengaruh Internet dan Game Education Sebagai Salah Satu Alat Bantu Pembelajaran Di kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP di Jakarta Utara”, Jurnal Universitas Paramadina vol 7 No.2, Juni (2010), ppl 404-416[4] Hartono, “Komputer sebagai alat Bantu Pendidikan”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2002, pp 7-9 [5] Tri Listryorini, Anteng Widodo. Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android, Jurnal Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informatika Vol. 3 .. ISSN: 2252-4983, 1 April 2013, Kudus, Indonesia, pp 25-30. [6] Komatineni, Satya dan Dave Maclean. 2012. Android 4 platform SDK techniques for developing smartphone and tablet apps. Penerbit Paul Manning: New York.[7] Wandah wibawanto, “macromedia flash 5.0”, Penerbit Elek Media Komputindo, Jakarta 2005, pp 72-73[8] Hasan, M. Iqbal, Pokok- pokok materi metodelogi penelitian dan aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002, hal 31-36