Animasi Interaktif Pembelajaran Tata Cara Shalat Untuk Paud Menggunakan Adobe Flash Cs 6.0

research
  • 08 Jul
  • 2020

Animasi Interaktif Pembelajaran Tata Cara Shalat Untuk Paud Menggunakan Adobe Flash Cs 6.0

Ibadah shalat adalah salah satu ibadah wajib bagi kaum muslimin yang telak menginjak akil baligh dan berakal sehat. Agar seseorang menjadi terbiasa melakukan ibadah ini, shalat harus diperkenalkan dibiasakan dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itulah materi tentang shalat telah diberikan semenjak bangku Kelompok Bermain (KB)dan Taman Kanak-Kanak (TK) umum atau berbasis islam/taman pendidikan Al Quran (TPA). Materi ini harus dikemas dengan baik dan menarik bagi anak-anak agar pembelajaran shalat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka dan akhirnya dapat menjadi kegiatan yang selalu mereka lakukan dengan kesadaran dan istiqomah. Berdasarkan hasil analisis, hal ini rupanya menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengajar. Oleh sebab itu salah satu alternatif yang ditawarkan adalah dengan mengembangkan rancangan sebuah multimedia interaktif pembelajaran shalat dengan target usernya adalah anak pada usia dini. Rancangan aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu ajar bagi pengajar maupun dijalankan secara mandiri oleh target user. Aplikasi ini akan dirancang menarik dengan menampilkan animasi gerakan shalat dan diperankan oleh karakter anak-anak yang lucu disertai dengan karakter seorang ustadzah sebagai pendampingnya. Dialog yang dilakukan juga dirancang menggunakan bahasa ceria khas anak-anak sementara semua doa yang harus dibaca akan dilafalkan oleh karakter sehingga user yang tidak/kurang memiliki kemampuan membaca dapat memahami materinya dengan mudah. Diharapkan rancangan aplikasi ini nantinya dapat menjadi dasar pembuatan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran shalat yang dapat mempermudah anak-anak pada usia dini untuk menyerap materi shalat yang diajarkan dan menjadi memori yang menyenangkan sehingga mereka dapat mengingat terus menerus.

Unduhan

 

REFERENSI

Absari, Dhiani Tresna. 2013 . Analisis Dan Desain Multimedia Interaktif Pembelajaran Sholat Bagi Anak Usia Kelompok Bermain Dan Taman Kana-Kanak. Scan : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1). pp. 11-17. ISSN : 1978-0087. Diambil dari :

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/1275

Binanto, Iwan. 2010 . Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangan. Yogyakarta:CV.Andi Offset.

Ernawati. 2012 . Media Pembelajaran Shalat Bagi

Anak Berbasis Multimedia. ISSN : 1979-9330. Jurnal Ilmiah Volume 9, No 1.2012. Diambil dari:

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/1275

H.M, Jogiyanto. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Jubille, Enterprise. 2010. 30 Bisnis Berbasis Ide Bagi Siapapun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. 2006. Rekayasa

Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms. 2012. Adobe Flash Profesional CS6 Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Offset.

Purmawanto, Agus. 2013.Media Pembelajaran Bahasa Inggris Mengenai Telling , Hospital, Dan Shapes Untuk Anak Sekolah Dasar. ISSN : 1970- 9330. Jurnal Ilmiah Volume 5, No . 2013.

Diambil dari:

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/983

Simarmata, Jenner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sunyoto,Andi. 2010. Adobe Flash+XML=Rich Multimedia Application. Yogyakarta: CV. Andi Offset.