PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI DAN RAMBU LALU LINTAS

research
  • 19 Jun
  • 2020

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI DAN RAMBU LALU LINTAS

ABSTRAK 

Defani Ayu Shabarina (11152458), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Alat Transportasi Dan Rambu Lalu Lintas 

Alat Transportasi merupakan sarana untuk perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Menggunakan Alat Transportasi perlu didukung dengan pengetahuan tentang Rambu Lalu Lintas untuk kelancaran dalam berkendara, karena minimnya pengetahuan tentang Alat Transportasi dan Rambu Lalu Lintas masyarakat menjadi kurang memahami informasi dan fungsinya. Perancangan animasi interaktif pengenalan Alat Transportasi dan Rambu Lalu Lintas pun menjadi ide penulis untuk menarik minat anak sejak dini hingga orang dewasa. Pengenalannya pun disajikan penulis dalam bentuk program berbasis multimedia. Dengan menggunakan tahapan pengembangan multimedia dan rancangan storyboard memudahkan penulis membuat program. Menggunakan Adobe Flash CS6 sebagai software utama perancangan program

Unduhan

  • SKRIPSI.pdf

    DEFANI AYU SHABRINA _SKRIPSI.pdf

    •   diunduh 805x | Ukuran 2,698 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA 

Amrulloh, & Mulyoto, A. (2016). Animasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android. 1(2), 38–42. 

 

Hardyana, Septi Eka, H. . (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu-Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 9–21. https://doi.org/10.31294/JTK.V2I1.358 

 

Irawan, A., Laurin, M. S., Komputer, S., Teknologi, F., Serang, U., Kota, R., … Pusaka, C. S. (2015). Perancangan animasi pembelajaran perawatan mesin kendaraan. 2(1), 1–9. 

 

Irvanudin, Y., Merlina, N., & Yoyoh. (2016). Animasi Interaktif Olahraga Permainan Bola Besar Sebagai Media Pembelajaran Siswa Smp Mazro ’ Atul Ulum Ciledug. Sniptek, (ISBN: 978-602-72850-3-3), 275–282. 

 

Jumal Wahda, M., Listyorini, T., & Meimaharani, R. (2017). 3D HOLOGRAM PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI. Jurnal SIMETRIS, 8. 

 

Mahardika, A., & Destiana, H. (2014). ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN DAN ALAT TRANSPORTASI UNTUK SISWA TAMAN KANAK - KANAK. In Jurnal Pilar Nusa Mandiri. 

 

Purwanto, R. (2017). Membangun Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Animasi Sebagai Metode Pembelajaran Sejak Usia Dini Studi Kasus TK Aisyah Brebes. (Mdlc). 

 

Setiadi, D., Nugroho, R., Muklish, M., Aulia, R., & Handoko, T. D. (2019). Analisis Efektifitas Animasi Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Tuna Aksara Menggunakan Flash. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(1), 9–13. 

 

Utomo, Y. B., Herlawati, & Sihombing, E. G. (2015). Animasi Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Tradisional Pada Smp Pgri 1 Bekasi. Teknik Komputer Amik Bsi, 1(1), 114–122. 

 

Wandah Wibawanto. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interakif. 

 

Wardan, R., & Kurniadi, D. (2017). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 1–8. 

 

Widiati, W. (2015). Animasi Interaktif Edukasi Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Siswa SMP Sejahtera 02 Cileungsi. 2015. 

 

Wiyarti, Y., & Kristiyanto Nugoho, G. (2014). Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6. Yuniar Supardi. (2017). Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android.