Rancang Bangun Aplikasi Persediaan Scrap (Studi Kasus PT Metal Castindo Industriatama)

research
  • 19 Jun
  • 2020

Rancang Bangun Aplikasi Persediaan Scrap (Studi Kasus PT Metal Castindo Industriatama)

Komputer merupakan alat yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada era sekarang ini teknologi informasi sudah mencapai kemajuan yang sangat baik dari pembuatan hardware maupun software nya. PT. Metal Castindo Industritama merupakan perusahaan pengecoran besi dan baja. Sistem pada PT. Metal Castindo Industritama menggunakan sistem yang masih manual, mulai dari pencatatan data  user, barang, customer, supplier, barang masuk, barang keluar, order barang dan proses pembuatan laporan yang berhubungan dengan persediaan bahan baku scrap. Memungkinkan terjadinya kesalahan dalam mengelola persediaan bahan baku scrap, sehingga dapat menyebabkan ketidak akuratan data persediaan yang ada. Metode penelitian yang digunakan untuk menyusun penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak (waterfall) dan teknik pengumpulan datanya meliputi: Observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan pembuatan perancangan program ini merupakan solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini, serta dengan terkomputerisasinya persediaan bahan baku di perusahaan ini sehingga semua kegiatan yang dijalani menjadi lebih baik lagi dari sistem terdahulu.

Unduhan

  • 8.pdf

    Peer Review

    •   diunduh 137x | Ukuran 912 KB

 

REFERENSI

[1] Bunyamin, Rahayu, S., & Kariman, A. (2016). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN DAN PENJUALAN BARANG DI PERUSAHAAN DAGANG DODOL JUWITA GARUT BERBASIS DEKSTOP. Jurnal Algoritma, 13(1), 205–210.
[2] Fatmawati, & Munajat, J. (2018). IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. PAMINDO TIGA T). Media Informatika Budidarma, 2(2), 1–9.
[3] Irnawati, O. (2018). Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Stock Opname. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 4(1), 79–84. https://doi.org/10.31294/ijse.v4i1.6301
[4] Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
[5] Priyadi, Y. (2014). Kolaborasi SQL & ERD dalam implementasi database. (Maya, Ed.). Bandung: c.v andi offset.
[6] Rosidin, & Lubis, B. O. (2017). Implementasi Program Persediaan Barang pada CV. Ardho Teknik Bekasi. JURNAL SISTEM INFORMASI STMIK ANTAR BANGSA, VI(2), 172–180.
[7] Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[8] Supriyanta, & Nussy, E. N. D. F. R. (2016). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Panti Asuhan Batu Penjuru Kulon Progo. Journal Speed –Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi –, 8(2), 17–22.
[9] Wuryanto, A., Murtina, H., Hidayatun, N., & Susafaati. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Persediaan Scrap (Studi Kasus PT Metal Castindo Industriatama).