Multi-Objective Optimization On The Base Of Ratio Analysis (MOORA) Dalam Kenaikan Jabatan

research
  • 18 Jun
  • 2020

Multi-Objective Optimization On The Base Of Ratio Analysis (MOORA) Dalam Kenaikan Jabatan

Kenaikan jabatan merupakan salah satu proses penting dalam memanagemen sumber daya manusia yang ada dalam suatu perusahaan atau yang dikenal sebagai jenjang karir dalam perusahaan. Apabila suatu perusahaan memiliki kebijakan tentang jenjang karir dengan melakukan penyeleksian kenaikan jabatan bagi karyawannya, tentu ini merupakan salah satu langkah kongkrit untuk meningkatkan kinerja karyawannya dengan asumsi karyawan yang bekerja dengan bagus dan baik dalam kurun waktu tertentu meliki peluang untuk dapat naik jabatan. Akan tetapi proses ini sering kali disalahgunakan mengakibatkan ketidakadilan dalam pemilihan karyawan untuk naik jabatan yang tidak menutup kemungkinan mengakibatkan kecemburuan diantara karyawan dan juga tidak berjalannya proses bisnis internal dikarenakan adanya selisih antara atasan dan bawahan. Untuk itu pimpinan perusahaan selaku stakeholder dalam memilih karyawan untuk naik jabatan perlu meminimalisir keputusan yang bersifat subjektif tersebut agar persaingan antar karyawan dapat berjalan dengan sehat. Penerapan metode Multi-Objective Optimization On Base Of Ratio Analysis (MOORA) dapat menjadi salah satu solusi dalam membantu stakeholder mengambil sebuah keputusan. Hasil akhir dari penerapan metode Multi-Objective Optimization On Base Of Ratio Analysis (MOORA) menunjukan bahwa Yana Hendrayana adalah karyawan yang paling direkomendasikan dengan nilai optimasi sebesar 6,9646 dan rekomendasi kedua adalah Asa Sofia dengan nilai optimasi sebesar 6,7601

Unduhan

  • 6.pdf

    Peer Review

    •   diunduh 100x | Ukuran 872 KB

 

REFERENSI

Afriany J, Sinurat LRSB, Julianty I, Nainggolan EL. 2018. Penerapan MOORA Untuk Mendukung Efektifitas Keputusan Manajemen Dalam Penentuan Lokasi SPBU. J. Ris. Komput. 5: 161–166.
Fitriana S. 2019. Analisis Menentukan Rekomendasi Penyejuk Udara Yang Tepat Menggunakan Metode Moora. J. Evolusi 7: 89–95.
Murtina H. 2016. Perbandingan Nilai Reliabilitas Dari Hasil Metode SAW dan Metode TOPSIS. In: Peran Dosen Dalam Kegiatan Keilmuan Untuk Menunjang Kinerja Perguruan Tinggi. Jakarta: SNIPTEK Nusa Mandiri, p 519–528.
Ramadani A, Sihombing TRR, Parlina I. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Pada PT Bhinneka Life Indonesia Pematangsiantar Dengan Menggunakan Metode Moora. J. Informatics Telecommun. Eng. 2: 122–127.
Saputra AY, Primadasa Y. 2019. Penerapan Metode Moora Dalam Pemilihan Sekolah Dasar. J. Sist. Inf. 8: 305–312.