Pengukuran Reliabilitas Menggunakan Pearson Correlation Pada Technique For Order Preference by Similarity of Ideal Solution (TOPSIS)

research
  • 18 Jun
  • 2020

Pengukuran Reliabilitas Menggunakan Pearson Correlation Pada Technique For Order Preference by Similarity of Ideal Solution (TOPSIS)

Telah banyaknya metode penunjang keputusan yang ada membuat penentuan dalam pemilihan sebuah metode untuk membantu dalam pengambilan keputusan menjadi cukup membingungkan, dikhawatirkan metode yang telah dipilih tidak cukup tepat untuk membantu menyelesaikan masalah atau menghasilkan nilai yang kurang baik. Sehingga banyak keputusan yang diambil dengan cara manual, salah satunya adalah pemilihan calon supervisor yang menerapkan sistem kalkulasi dan gugur. Untuk itu penulis melakukan pembuktian dengan melakukan perhitungan nilai reliabilitas dengan pendekatan metode Pearson Correlation dari kasus pemilihan supervisor menggunakan metode TOPSIS yang sudah dilakukan di penelitian sebelumnya. Dan hasil yang didapat dari pembuktian ini adalah metode TOPSIS dinilai sangat layak untuk dapat digunakan membantu pengambilan keputusan pemilihan supervisor karena memiliki nilai pengujian reliabilitas senilai 0,9932 dari maksimal nilai reliabilitas adalah 1.

Unduhan

  • 3.pdf

    Peer Review

    •   diunduh 95x | Ukuran 887 KB

 

REFERENSI

Mallu S. 2015. Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. J. Ilm. Teknol. Inf. Terap. I: 36–42.

Murtina H. 2015. PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPERVISOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA PT NIPPON INDOSARI CORPINDO. J. Sist. Inf. IV: 48–54.

Sania R, Maharani W, Kurniati AP. 2010. ANALISIS PERBANDINGAN METODE PEARSON DAN SPEARMAN CORRELATION PADA RECOMMENDER SYSTEM. In: Identifikasi Korban Bencana: Pengenalan Gambar Radiograph Gigi Secara Otomatis Menggunakan Pendekatan Fuzzy. Bali: STMIK STIKOM BALI, p 99–105.

Usman H, Moengin P. 2017. Model Sistem Pemilihan Material Baker Dengan Metode Topsis Di Pt . Multi Kreasi Mandiri. J. Tek. Ind. 6: 45–52.

Yusnaeni W, Ningsih R, Misriati T. 2017. PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PERFORMANCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION ( TOPSIS ). 1–2.