Penunjang Keputusan Pemilihan Supervisor Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Pada PT. Nippon Indosari Corpindo

research
  • 18 Jun
  • 2020

Penunjang Keputusan Pemilihan Supervisor Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Pada PT. Nippon Indosari Corpindo

Penggunaan sebuah metode penunjang keputusan saat ini sudah banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam kasus untuk membantu mengambil sebuah keputusan yang tepat. Metode ini tentunya juga dapat digunakan dalam kasus pemilihan supervisor yang dilakukan di PT. Nippon Indosari Corpindo. Ada banyak metode penunjang keputusan, baik untuk data kualitatif maupun kuantitatif. Metode penunjang keputusan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus pemilihan supervisor di PT. Nippon Indosari Corpindo salah satunya adalah Fuzzy Multi Attribute Decision Making (F-MADM) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS) dikarnakan metode ini merupakan salah satu metode yang mengelolah data kuantitatif dan cocok untuk pengambilan keputusan yang melibatkan banyak atribut dalam pengambilan keputusannya dan dapat menghasilkan keputusan yang bernilai objektif dan akurat.

REFERENSI

[1]    Ashtiani, B., Haghighirad, F., Makui, A., Montazer, G.A., Extension of Fuzzy TOPSIS Method Based on Interval-valued Fuzzy Sets. Applied Soft Computing. Vol. 9, No.2, 457-461. 2008.
[2]    Budiharto, Widodo. Membuat Sendiri Robot Cerdas-Edisi Revisi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo. 2008.
[3]    Khoirudin, Akhmad Arwan.SNATI Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.2008.
[4]    Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Offset.2007.
[5]    Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence (Teknik Dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.2003.
[6]    Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko dan Retantyo Wardoyo. Fuzzy-MultiAttribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.. 2006.
[7]    Laudon, K. C. dan J. P. Laudon. Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.2008