Penerapan Fuzzy MADM Model Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Penerimaan Kredit Di BPR Nusamba Sukaraja

research
  • 02 Jun
  • 2020

Penerapan Fuzzy MADM Model Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Penerimaan Kredit Di BPR Nusamba Sukaraja

Bank perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Sukaraja yang merupakan lembaga keuangan perbankan yang menerima simpanan deposito, tabungan atau bentuk lainnya dan menyalurkan dana sebagai usaha. Akan tetapi seiring berjalannya waktu tercatat ada beberapa konsumen kredit mengalami kredit macet dimana kredit macet tersebut dapat menghambat arus lalu lintas uang dan menyebabkan kerugian bagi bank. Pada umumnya, BPR Nusamba Sukaraja merekrut tenaga kerja dibagian credit analyst untuk melakukan analisi terhadap kemampuan membayar pemohon kredit dan survey lapangan untuk mengurangi kredit macet. Oleh karena itu dalam upaya membantu credit analyst dalam kegiatan pengambilan keputusan konsumen layak kredit, diperlukan model sistem berbasis komputer yang apat memberikan kemudahan dalam kemampuan analisa data, perhitungan penilaian kriteria pemohon kredit. Sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan pilihan tepat untuk membantu penyeleksian pemohon kredit. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) model Weighted Product (WP), metode ini dipilih karena perhitungan pembobotan kriteria yang tidak terlalu rumit, sehingga mudah dipelajari. Sistem yang dibangun diharapkan dapat membantu kerja BPR Nusamba Sukaraja, khususnya pada bagian credit analyst dalam melakukan penyeleksian pemohon kredit, dapat mempercepat proses penyeleksian pemohon kredit dan dapat mengurangi kesalahan daam menentukan konsumen layak kredit.

Unduhan

  • 2517-6302-1-PB_2.pdf

    Paper

    •   diunduh 287x | Ukuran 844 KB
  • Peer Review Paper - 3.pdf

    LEMBAR HASIL PENILAIAN SEJAWAT SEBIDANG ATAU PEER REVIEW KARYA ILMIAH : JURNAL ILMIAH

    •   diunduh 174x | Ukuran 316 KB

 

REFERENSI

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 1992, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7, Jakarta.

Suliyanto dan Jati, D.P., 2014, “Perbandingan Efesiensi Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Umum dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis,” Jurnal Keuangan dan Perbankan, Volume XVIII, Halaman 297-306.

Herlina, 2014, Interviewee, Profil BPR Nusamba Sukaraja. [Wawancara].

Bahri, S., 2017, “Seleksi Atribut pada Algoritma C4.5 Menggunakan Genetik Algoritma dan Bagging untuk Analisa Kelayakan Pemberian Kredit,” Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, Volume. IV, Halaman 174-183.

Kasmir, 2012, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi, Cetakan Keempat Belas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Otoritas Jasa Keuangan, 2017, “Statistik Perbankan Indonesia 2017,” Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta.

Afryanti, I., dan Purwanto, E., 2012, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman pada Bank Rakyat Indonesia Unit Segiri Samarinda dengan Metode Fuzzy MADM (Multiple Attribute Decission Making) Menggunakan SAW (Simple Additive Weighting),” Seminar Nasional

Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), Semarang.

Jaya, P., 2013, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan Menggunakan Metode

Weigted Product (WP) (Studi Kasus: PT. Gunung Sari Medan,” Pelita Informasi Budi Darma, Volume V,

Halaman 90-95.

Sianturi, I.S., 2013, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswa dengan Menggunakan Metode Wighted Product (Studi Kasus: SMA Swasta HKBP Doloksanggul),” Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume I, Halaman 19-22.

Kusumadewi, 2006, Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Noviansyah, D., 2014, Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan, Deepublish, Yogyakarta.