Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMK YMIK Joglo Jakarta Barat Menggunakan Metode Simple Additive Weigting (SAW)

research
  • 12 May
  • 2020

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMK YMIK Joglo Jakarta Barat Menggunakan Metode Simple Additive Weigting (SAW)

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam meningkatkan kinerja dalam pengembalian keputusan. Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan, diharapkan dapat membantu dalam memecahkan masalah untuk menentukan jurusan di SMK YMIK Joglo Jakarta Barat. Dalam penelitian ini akan dikembangkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode yang dapat menyelesaikan permasalahan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making (FMADM) yang terbukti memiliki kinerja yang sangat efektif terhadap data-data yang nilainya berupa kisaran dalam jangkauan nilai tertentu. Metode Sistem Pendukung Keputusan yang digunakan dalam penelitian adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini menentukan bobot untuk setiap atribut. Sehingga akan menghasilkan alternatif terbaik dari banyak alternatif dengan perhitungan yang cukup tepat. Alternatif adalah calon siswa baru yang ada di SMK YMIK Joglo Jakarta Barat yang akan diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan

Unduhan

 

REFERENSI

P. Angga, S. Putra, I. M. A. Wirawan, and I. M. G. Sunarya, “PENERIMAAN SISWA BARU DI SMA NEGERI 1 SERIRIT DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP).,” vol. 5, 2016.


Firdausa, A. P. Wibawa, and U. Pujianto, “MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH,” pp. 6–7, 2016.


Rusdiansyah, “Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Metode Simple,”
Tehno, vol. XIV, no. 1, pp. 49–56, 2017.


D. Nofriansyah and S. Defit,
Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2017.


S. Nurlela, Akmaludin, S. Hadianti, and L. Yusuf, “Penyeleksian jurusan terfavorit pada smk sirajul falah dengan metode saw,” vol. 15, no. 1, pp. 1–6, 2019.


D. Nofriansyah,
Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2014