Di
era Digitalisasi 4.0 saat ini segala data dan informasi harus menggunakan
teknologi yang berbasis pada system yang serba terkomputerisasi, dimana output
yang yang ditampilkan dan dihasilkan dalam bentuk elektronis, dengan demikian
kebutuhan akan internet bagi Guru-guru HIMAPAUDI sangat membutuhkan dan perlu untuk
diadakannya pelatihan Internet khususnya dalam hal pembuatan BLOG. Pelatihan
pembuatan Blog menggunakan Blogspot
dengan mengikuti aturan main pembuatan Blog. Sebelum proses pelatihan dilakukan
uji pretest, yang hasilnya sangat kurang dari yang diharapkan. Setelah melalui
proses pelatihan berlangsung, peserta diminta untuk megisi instrumentasi berupa
kuesioner dan hasilnya diolah dengan menggunakan metode direc rating method
yang dikombinasi dengan matematika sederhana, dengan menggunaan lima variable dan
10 indikator pertanyaan, ternyata hasil yang didapat dengan menggunakan
kombinasi dua metode ini memberikan predikat nilai baik sekali dan melalui
graphic line memperoleh hasi dengan skoring 87,27. Dengan demikian dapat
dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar melalui pelatihan ini, dengan
demikian proses pelatihan dapat memberikan peningkatan prestasi secara nyata
terhadap kemajuan guru-guru HIMAPAUDI di kecamatan kemayoran Jakarta Pusat.
Bandling C26 Jurnal PPM
Gordon, S. (1995). Internet 101. Computers and Security, 14(7), 599–604. https://doi.org/10.1016/0167-4048(96)81666-X
Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2019). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61
Madakam, S., Ramaswamy, R., & Tripathi, S. (2015). Jcc_2015052516013923. Journal of Computer and Communications, (May), 164–173. https://doi.org/10.4236/jcc.2015.35021
Netriwati, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2019). jurnal desain model pembelajaran. Jurnal Desain Model Pembelajaran, 7(January 2018), 371–379.
Puteh, S. N., & Salam, K. A. A. (2011). Tahap Kesediaan Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan Kesannya Terhadap Hasil Kerja dan Tingkah Laku Murid Prasekolah (Level of Readiness in Using ICT for Teaching and Its Effect on the Work and Behaviour of Preschool Pupils). Jurnal Pendidikan Malaysia, 36(1), 23–54. Retrieved from http://www.ukm.my/jurfpend/jurnal 2012/JP36(1) Chap 3new.pdf
Riyana, C. (2017). Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran: Karakteristik Media Video. (Maret).
Said, H. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95–119. Retrieved from http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/383
Shim, Y. S. (Southern I. U. C. (2006). The Impact of the Internet on Teenagers’ Face -to-Face Communication Young Soo Shim Southern Illinois University Carbondale July 2006. Global Media Journal, (July), 1–32.
Tronco, T. R. (2010). A brief history of the internet. Studies in Computational Intelligence, 297(5), 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-642-13247-6_1
Vebrianto, R., & Kamisah, O. (2008). L’echangisme : une multisexualite commerciale a forte domination masculine. Sociétés Contemporaines, 41–42(1), 111. https://doi.org/10.3917/soco.041.0111