Pelatihan Internet Pembuatan Blog Bagi Guru-Guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran Jakarta

research
  • 09 Apr
  • 2020

Pelatihan Internet Pembuatan Blog Bagi Guru-Guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran Jakarta

Di era Digitalisasi 4.0 saat ini segala data dan informasi harus menggunakan teknologi yang berbasis pada system yang serba terkomputerisasi, dimana output yang yang ditampilkan dan dihasilkan dalam bentuk elektronis, dengan demikian kebutuhan akan internet bagi Guru-guru HIMAPAUDI sangat membutuhkan dan perlu untuk diadakannya pelatihan Internet khususnya dalam hal pembuatan BLOG. Pelatihan pembuatan Blog menggunakan Blogspot dengan mengikuti aturan main pembuatan Blog. Sebelum proses pelatihan dilakukan uji pretest, yang hasilnya sangat kurang dari yang diharapkan. Setelah melalui proses pelatihan berlangsung, peserta diminta untuk megisi instrumentasi berupa kuesioner dan hasilnya diolah dengan menggunakan metode direc rating method yang dikombinasi dengan matematika sederhana, dengan menggunaan lima variable dan 10 indikator pertanyaan, ternyata hasil yang didapat dengan menggunakan kombinasi dua metode ini memberikan predikat nilai baik sekali dan melalui graphic line memperoleh hasi dengan skoring 87,27. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar melalui pelatihan ini, dengan demikian proses pelatihan dapat memberikan peningkatan prestasi secara nyata terhadap kemajuan guru-guru HIMAPAUDI di kecamatan kemayoran Jakarta Pusat.

Unduhan

 

REFERENSI


Gordon, S. (1995). Internet 101. Computers and Security, 14(7), 599–604. https://doi.org/10.1016/0167-4048(96)81666-X


Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2019). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61


Madakam, S., Ramaswamy, R., & Tripathi, S. (2015). Jcc_2015052516013923. Journal of Computer and Communications, (May), 164–173. https://doi.org/10.4236/jcc.2015.35021


Netriwati, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2019). jurnal desain model pembelajaran. Jurnal Desain Model Pembelajaran, 7(January 2018), 371–379.


Puteh, S. N., & Salam, K. A. A. (2011). Tahap Kesediaan Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan Kesannya Terhadap Hasil Kerja dan Tingkah Laku Murid Prasekolah (Level of Readiness in Using ICT for Teaching and Its Effect on the Work and Behaviour of Preschool Pupils). Jurnal Pendidikan Malaysia, 36(1), 23–54. Retrieved from http://www.ukm.my/jurfpend/jurnal 2012/JP36(1) Chap 3new.pdf


Riyana, C. (2017). Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran: Karakteristik Media Video. (Maret).


Said, H. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95–119. Retrieved from http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/383


Shim, Y. S. (Southern I. U. C. (2006). The Impact of the Internet on Teenagers’ Face -to-Face Communication Young Soo Shim Southern Illinois University Carbondale July 2006. Global Media Journal, (July), 1–32.


Tronco, T. R. (2010). A brief history of the internet. Studies in Computational Intelligence, 297(5), 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-642-13247-6_1


Vebrianto, R., & Kamisah, O. (2008). L’echangisme : une multisexualite commerciale a forte domination masculine. Sociétés Contemporaines, 4142(1), 111. https://doi.org/10.3917/soco.041.0111