Implementasi Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Pembelian Rumah di Kota Tangerang

research
  • 30 Mar
  • 2020

Implementasi Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Pembelian Rumah di Kota Tangerang

Kebutuhan memiliki rumah semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, terutama di kawasan perkotaan seperti di Kota Tangerang, yang merupakan kota industri dan sekaligus sebagai salah satu kota penyangga ibu kota Jakarta. Dalam keputusan membeli rumah, masyarakat seringkali dihadapkan pada banyak sekali pertimbangan, seperti harga rumah, cara pembayaran, lokasi perumahan, spesifikasi bangunan, dan kredibilitas developer. Selain itu, keputusan membeli rumah biasanya juga membutuhkan keterlibatan anggota keluarga. Apalagi masyarakat juga memiliki banyak alternatif perumahan yang dapat dipilih. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu dilakukan analisis untuk mengetahui kriteria-kriteria yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam membeli rumah di Kota Tangerang. Kemudian berdasarkan kriteria-kriteria tersebut dibangun Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan perangkat lunak Expert Choice 11. Hasil dari penelitian ini menunjukkan urutan prioritas kriteria dalam memilih rumah yang akan dibeli di Kota Tangerang adalah lokasi, harga, spesifikasi bangunan, kredibilitas developer dan terakhir adalah cara pembayaran. Selain itu diketahui pula bahwa metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sangat cocok digunakan untuk proses pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif, seperti halnya keputusan dalam membeli rumah, karena metode ini memperlihatkan hasil perbandingan pembobotan antar kriteria dan alternatif.

Unduhan

 

REFERENSI

BPS Kota Tangerang, “Statistik Daerah Kota Tangerang 2017”, Tangerang: BPS Kota Tangerang, 2017.

Pemerintah Kota Tangerang, “Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tangerang Tahun 2015”, 2014, unpublished.

Inapex, “Tangerang Tercatat Sebagai Penyedia Hunian Terbanyak 2016”, 17 Februari 2017, [online]. Tersedia : https://inapex.co.id/tangerang-tercatat-sebagai-penyedia-hunian-terbanyak-2016/. [Diakses: 3 Agustus 2017]

Standy, Oei, “Group Decision Support System Untuk Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Borda”, Seminar Nasional Informatika 2013, hal. 66-73, 2013.

Aisyah, Sity & Kalbuana, Nawang, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Database Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”, CSRID Journal, Vol. 4, No. 1, hal. 1-14. 2012.

Mardiyati, Sri, Juliana, & Driyani, Dewi, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan Dengan Menggunakan Metode AHP”, Faktor Exacta, Vol 9, No. 1, hal. 63-71. 2016.

Ardiyanto, Hermawan, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode AHP Berbasis Web (Studi Kasus CV Wisma Anungkriya Demak)”, Journal of Informatics and Technology, Vol. 2, No. 3, p. 50-58, 2013.

Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.