Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa faktor-faktor yang
mempengaruhi minat penggunaan Mandiri E-Cash dengan menggunakan
pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Ada enam variabel bebas
yang digunakan dalam penelitian, yaitu persepsi penggunaan, persepsi
kemudahan penggunaan, penggunaan teknologi sesungguh-nya, norma
subjektif, persepsi resiko, keyakinan diri, yang kemudian dianalisa
pengaruhnya terhadap minat penggunaan teknologi sebagai variabel
terikat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kas Bank Mandiri Jakarta
Kartini, dengan menggunakan sampel sebanyak 168 responden. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial hanya variabel persepsi
kemudahan penggunaan, norma subjektif, dan variabel keyakinan diri
memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menggunakan
Mandiri e-Cash. Sementara secara simultan menunjukkan hasil bahwa secara
bersama-sama seluruh variabel bebas berpengaruh secara signifikan
terhadap minat menggunakan Mandiri e-Cash.
Jurnal
Hasil Peer Review
Achmad Syafi’i, & Widijoko, G. (2015). Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik : Pedekatan Modifikasi Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2). Retrieved from http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2014
Ajzen, I., & Fishbein, & M. (1980). Understanding Attitudes And Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bank Indonesia. (2017). Statistik Sistem Pembayaran Uang Elektronik. Retrieved February 20, 2017, from https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/co ntents/transaksi.aspx
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. Retrieved from http://www.jstor.org/ stable/249008
Dowling, G. R., & Staelin, R. (1994). A Model of Perceived Risk and Intended Risk Handling Activity. Journal of Consumer Research, 21(1), 119–154. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/2489744?origin=JSTOR-pdf&seq=1 #page_sc an_tab_contents
Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hartono, J. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Igbaria, M., & Iivary, J. (1995). The Effects of Self-Efficacy on Computer Usage. Omega, 23(6), 587–605. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0305048395000356
Kontan. (2017). Bank Mandiri Kejar Target 5 Juta Pengguna e-Cash. Retrieved September 15, 2017, from https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-mandiri-kejar-target-5-juta-pe ngguna-e-cash
Mandiri, B. (2017). Mandiri E-Cash. Retrieved January 17, 2017, from http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-ecash.aspx
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yunasti, F. I., & Baridwan, Z. (2013). Penerimaan Individu Terhadap Sistem Informasi Berbasis Komputer : Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1). Retrieved from http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1013