Minat Individu Terhadap Penggunaan Mandiri E-Cash : Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

research
  • 30 Mar
  • 2020

Minat Individu Terhadap Penggunaan Mandiri E-Cash : Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan Mandiri E-Cash dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Ada enam variabel bebas yang digunakan dalam penelitian, yaitu persepsi penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, penggunaan teknologi sesungguh-nya, norma subjektif, persepsi resiko, keyakinan diri, yang kemudian dianalisa pengaruhnya terhadap minat penggunaan teknologi sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kas Bank Mandiri Jakarta Kartini, dengan menggunakan sampel sebanyak 168 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial hanya variabel persepsi kemudahan penggunaan, norma subjektif, dan variabel keyakinan diri memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menggunakan Mandiri e-Cash. Sementara secara simultan menunjukkan hasil bahwa secara bersama-sama seluruh variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan Mandiri e-Cash.

Unduhan

 

REFERENSI

Achmad Syafi’i, & Widijoko, G. (2015). Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik : Pedekatan Modifikasi Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2). Retrieved from http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2014

Ajzen, I., & Fishbein, & M. (1980). Understanding Attitudes And Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bank Indonesia. (2017). Statistik Sistem Pembayaran Uang Elektronik. Retrieved February 20, 2017, from https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/co ntents/transaksi.aspx

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. Retrieved from http://www.jstor.org/ stable/249008

Dowling, G. R., & Staelin, R. (1994). A Model of Perceived Risk and Intended Risk Handling Activity. Journal of Consumer Research, 21(1), 119–154. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/2489744?origin=JSTOR-pdf&seq=1 #page_sc an_tab_contents

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hartono, J. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Igbaria, M., & Iivary, J. (1995). The Effects of Self-Efficacy on Computer Usage. Omega, 23(6), 587–605. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0305048395000356

Kontan. (2017). Bank Mandiri Kejar Target 5 Juta Pengguna e-Cash. Retrieved September 15, 2017, from https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-mandiri-kejar-target-5-juta-pe ngguna-e-cash

Mandiri, B. (2017). Mandiri E-Cash. Retrieved January 17, 2017, from http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-ecash.aspx

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yunasti, F. I., & Baridwan, Z. (2013). Penerimaan Individu Terhadap Sistem Informasi Berbasis Komputer : Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1). Retrieved from http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1013