Penerapan Metode UTAUT Untuk Memprediksi Behavioral Intentions User Dalam Menggunakan Aplikasi Zabbix

research
  • 30 Mar
  • 2020

Penerapan Metode UTAUT Untuk Memprediksi Behavioral Intentions User Dalam Menggunakan Aplikasi Zabbix

Pemanfaatan teknologi informasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan. Namun penerapan teknologi informasi tidak selalu berhasil. Salah satu faktor penentu keberhasilan penerapan teknologi informasi adalah sikap pengguna yang memanfaatkan teknologi tersebut. UTAUT merupakan kombinasi delapan model user acceptance of technology yang telah dikembangkan sebelumnya. UTAUT juga digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat niat dan perilaku pengguna teknologi informasi di beberapa bidang perusahaan. Sehubungan dengan itu, maka penelitian ini juga dikembangkan dengan mengadopsi model UTAUT untuk melihat niat pengguna Aplikasi Zabbix di PT Media Nusantara Citra Tbk. Empat konstruk dari UTAUT digunakan sebagai determinan yang mempengaruhi behavioral intentions user, yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions. Data dalam penelitian diuji dengan alat analisis SEM (Struktural Equation Model). SEM adalah alat analisis statistik yang dipergunakan untuk menyelesaikan model penelitian bertingkat secara serempak. SEM dapat dipergunakan untuk menyelesaikan persamaan dengan variabel yang membentuk jalur (path). Data didapatkan melalui 50 kuesioner yang disebarkan kepada karyawan PT Media Nusantara Citra Tbk, khususnya di Divisi IT Infrastruktur. Hasil analisis menunjukkan bahwa behavioral intentions user secara signifikan dipengaruhi oleh effort expectancy dan facilitating conditions, sedangkan performance expectancy dan factor social influence ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan.

Unduhan

 

REFERENSI

Indrawati, (2015), Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis, Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Bandung: PT Refika Aditama

Jatmiko Jati, Nugroho & Herry Laksito, (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan dan Penggunaan Sistem E-Ticket (Studi Empiris pada Biro Perjalanan di Kota Semarang). Semarang : Jurnal Akuntansi Kursor Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012: 1-15. Diambil dari : http://ejournal-s1- undip.ac.id/index.php/accounting.

Jogiyanto, (2008), Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revisi), Yogyakarta : C.V Andi Offset

Noor, Juliansyah. (2015) Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Ke-20. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Taniredja, Tukiran & Hidayati Mustafidah, (2012). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar),Bandung:C.V Alfabeta.