Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model

research
  • 30 Mar
  • 2020

Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan menganalisa penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Koperasi (Siskop) pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta, dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sementara itu, berdasarkan karakteristik permasalahannya, penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksploratif, penelitian deskriptif, dan penelitian eksplanatif. Sedangkan tipe data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, seperti observasi, kuesioner, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, persepsi kemudahan penggunaan, variabel antara, persepsi kegunaan, sikap terhadap penggunaan, dan minat perilaku untuk menggunakan, serta variabel bebas, penggunaan sistem sesungguhnya. Pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 21 berbasiskan sistem operasi Windows. Hasil penelitian adalah 1) Variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel persepsi kegunaan dan variabel sikap terhadap penggunaan Siskop; 2) Variabel kegunaan Siskop memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel sikap terhadap penggunaan, variabel minat perilaku untuk menggunakan, dan penggunaan Siskop yang sesungguhnya; 3) Variabel sikap terhadap penggunaan Siskop memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat perilaku menggunakan Siskop; Sedangkan 4) Variabel minat perilaku menggunakan Siskop tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan Siskop yang sesungguhnya.        

Unduhan

 

REFERENSI

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance on Information Technology. MIS Quarterly. September. Vol. 13 Issue 3 p. 319-340.

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : ANDI.

Kadir. 2015. Statistik Terapan : Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Kustono, Alwan Sri. 2000. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Implementasi Sistem Informasi Baru. Media Akuntansi. Mei. Vol. 9/Th.VIII

McLeod, Jr. Raymond; Schell, George P. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Empat. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Turban, Efraim; Rainer, Jr. R. Kelly.; Potter, Richard E. 2006. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Infotek.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.