Pengambilan Keputusan penerima Beasiswa SMA Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Desicion Making Model Weigthed Product

research
  • 19 Mar
  • 2020

Pengambilan Keputusan penerima Beasiswa SMA Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Desicion Making Model Weigthed Product

Beasiswa merupakan dana yang dapat diberikan oleh pemerintah, perusahaan swasta, kedutaan, universitas atau dari kantor tempat bekerja untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. SMAN 1 Cicurug Sukabumi adalah salah satu instansi pendidikan yang menyelenggarakan beasiswa bagi siswa berprestasi yang akan melanjutkan sekolah di SMAN 1 Cicurug Sukabumi. Terdapat lima kriteria untuk menentukan penerima beasiswa tersebut yaitu: nilai rata-rata raport, nilai rata-rata ijazah, jumlah tanggungan orang tua, penghasilan orang tua dan bidang keahlian dengan bobot-bobot pada setiap kriteria. Untuk mempermudah para pengurus institusi pendidikan dalam menentukan peserta didik baru yang berhak menerima beasiswa, maka perlu adanya suatu sistem rekomendasi keputusan yang berfungsi untuk membantu melakukan seleksi kepada para calon penerima beasiswa. Pada penelitian ini menerapkan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dengan model weighted product sebagai sistem alternatif yang dapat digunakan untuk menentukan penerima beasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dengan hasil yang diperoleh dari 5 Alternatif yang
digunakan adalah yang memiliki nilai tertinggi pada perankingan dengan nilai vektor S=0.70 dan nilai Vektor V= 0.24.

Unduhan

 

REFERENSI

Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014). Implementasi Weighted Product ( WP ) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 19–22.

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Teknologi Informasi DINAMIK, 16(2), 7. https://doi.org/10.1038/s12276-017-0009-6

Helilintar, Risa; Winarno, Wing Wahyu; Fatta, H. Al. (2016). Penerapan Metode SAW dan Fuzzy Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa in Decision Support System Scholarship. Citec Journal, 3(2), 89–101.

Hidayatulloh, T., Suhada, S., Nursyifa, E., & Yusuf, L. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri - Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa SMA Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making Model Weighted Product. Jakarta.

Manikam, R. M., & Yanuar, M. Y. (2017). SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DENGAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE ( Studi Kasus Pada SMA Yuppentek 1 Tangerang ), IX(1).

Musthafa, Aziz. Suyono, Hadi. Sarosa, M. (2015). Perbandingan Kinerja Algoritma C . 45 dan AHP-, 9(2), 109–114.

Perdana, Nuri Guntur; Widodo, T. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode SAW. Universitas Panca Marga Probolinggo, 2013(November), 1–8. https://doi.org/DOI 10.1016/j.janxdis.2006.01.009

Siregar, M. N. H. (2017). IMPLEMENTASI WEIGHT PRODUCT MODEL ( WPM ) DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR, 04(01), 59–70.

Widayanti, Tri;Wijaya, T. (2016). Implementasi Metode TOPSIS dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Bidikmisi Berbasis Web Implementation of TOPSIS Method in Web-based Decision Support System. Citec Journal, 3, 344–355.