Penerapan Routing EIGRP, RIPV2 DAN OSPF Pada IPV6 Menggunakan Metode Redistribution

research
  • 13 Mar
  • 2020

Penerapan Routing EIGRP, RIPV2 DAN OSPF Pada IPV6 Menggunakan Metode Redistribution

Manfaat dari adanya jaringan komputer adalah untuk dapat bertukar informasi dan memudahkan pekerjaan. Informasi yang dikirim dari network satu ke network lainnya tidak terlepas dari penggunaan router. Penentuan alamat jaringan dapat dilakukan dengan metode routing. Melakukan Routing pada banyak router lebih mudah dan efisien jika menggunakan routing dinamis seperti EIGRP, OSPF dan RIP. Pengaturan routing yang berbeda menjadi masalah tersendiri dalam pengiriman data. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan konsep perbedaan pengiriman paket data yang memiliki perbedaan metode routing. Metode redistribution routing dipilih sebagai salah satu cara untuk menghubungkan beberapa metode routing dengan mengkombinasikan metode routing tersebut dengan menggunakan IPv6. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap routing redistribution dengan cara melihat lama waktu pengiriman paket data dengan ICMP didapat routing EIGRP redistribution to OSPF dengan nilai rata rata 3.478 detik dan OSPF redistribution to RIP dengan rata rata 3.486 detik dan EIGRP redistribution to RIP dengan rata rata 3.514 detik. Sedangkan nilai pengiriman data ICMP  paling lama dengan menggunakan OSPF redistribution to EIGRP dengan rata rata 4.976 detik , RIP redistribution to EIGRP dengan rata rata 4.616 detik dan RIP redistribution to OSPF dengan rata rata 4.462 detik.

Unduhan

 

REFERENSI

Aryanta, D., & Pranata, B. A. (2014). Perancangan dan Analisis Redistribution Routing Protocol OSPF dan EIGRP. ELKOMIKA, 2(2), 85–99. 

 

Hasanah, F. U., & Mubarakah, N. (2014). Analisis Kinerja Routing Dinamis Dengan Teknik Rip ( Routing Information Protocol ) Pada Topologi Ring Dalam Jaringan Lan ( Local Area Network ) Menggunakan Cisco Packet Tracer. SINGUDA ENSIKOM, 7(Juni), 118–124. 

 

Lestari, W., Andrian, H. R., & Susanti, F. (2011). Analisis Perbandingan Failover Menggunakan Protokol Routing BGP dan OSPF. Teknik Elektro Dan Komputer, 396–401. 

 

Masykur, F. (2016). Penggabungan Antar Routing Protocol Menggunakan Teknik Redistribution. In SNATIF (pp. 39–42). 

 

Maulana, A. (2018). Konsep dan Penerapan Routing OSPF, dan EIGRP dengan Metode Redistribution. AKRAB JUARA, 3(February), 154. 

 

Musril, H. A. (2015). ANALISIS UNJUK KERJA RIPv2 DAN EIGRP DALAM DYNAMIC ROUTING PROTOCOL THE PERFORMANCE ANALYSIS OF RIPv2 AND EIGRP ON. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, 1(Desember), 116–124. 

 

Rahmawati, I. D., Shaleh, A., & Winarno, I. (2011). Analisa QoS Pada Jaringan MPLS Ipv6 Berbasis Routing OSPF. Jurnal Informatika Bandung, 1–7. 

 

Rifiani, V., Hadi, M. Z. S., Darwito, H. A., Politeknik, M., Negeri, E., & Telekomunikasi, J. T. (2011). ANALISA PERBANDINGAN METODE ROUTING DISTANCE, 2– 7. 

 

Sofana, Iwan. (2014). Cisco CCNA & Jaringan Komputer. Penerbit Informatika. 

 

Sofana, Iwan. (2017). Cisco CCNA-CCNP – Routing Dan Switching. Penerbit Informatika. 

 

Utomo, P., & Purnama, B. E. (2012). Pengembangan Jaringan Komputer Universitas Surakarta Berdasarkan Perbandingan Protokol Routing Information Protokol (RIP) Dan Protokol Open Shortest Path First (OSPF) Prawido Utomo, Bambang Eka Purnama ABSTRAKSI. IJNS, 1(November), 8–25. 

 

Wardoyo, S., Ryadi, T., & Fahrizal, R. (2014). Analisis Performa File Transport Protocol Pada Perbandingan Metode IPv4 Murni, 

IPv6 Murni Dan Tunneling 6to4 Berbasis Router Mikrotik. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 3(2), 106– 117. Yolanda, D., Pramono, S. H., & Purnomo, M. F. E. (n.d.). SIMULASI KINERJA ROUTING PROTOKOL OPEN 

SHORTEST PATH FIRST (OSPF) DAN ENHANCED INTERIOR GATEWAY ROUTING PROTOCOL (EIGRP) MENGGUNAKAN SIMULATOR JARINGAN OPNET MODELER v. 14.5, 1–6.