PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN DI RESTO D’SDL LEMBANG DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

Abstraksi

ABSTRAK

 

Penerapan Data Mining Pada Penjualan Di Resto DSDL Lembang Menggunakan Metode Algoritam Apriori, 11170938, Intan Sarwono Putri

Data Mining dapat diimplementasikan ke berbagi bidang, contohnya adalah bidang bisnis yang dimana hasil implentasi data mining bisa membantu perusahaan dalam menentukan menu atau paket yang sering dibeli secara bersamaan dilakukan dengan menggunakan aturan asosiasi. Pada penelitian ini akan digunakan algoritma apriori untuk penentuan aturan asosiasi penjualan menu makanan. Dari hasil pembahasan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan algoritma apriori dalam menentukan kombinasi antar itemset dengan minimum support 60% dan minimum confidence 90% ditemukan 4 aturan asosiasi, dimana yang memiliki nilai support dan confidence tertinggi adalah jika konsumen melakukan pemesanan menu Teh Manis Panas, Paket Ayam Driver dan Nasi Liwet secara bersamaan dengan nilai support 58% dan nilai confidence 100%. Dengan demikian, jika terdapat konsumen membeli Teh Manis Panas, Paket Ayam Driver maka kemungkinan konsumen tersebut membeli Nasi Liwet adalah 100%.

Kata Kunci: data mining, algoritma apriori, aturan asosiasi, support, confidence, tanagra

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

DAFTAR PUSTAKA

 

Amrin, A., 2017. Data Mining Dengan Algoritma Apriori untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. ISSN: 1410-5063 Jakarta: Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(1), pp.74-79.

 

Badrul, M., 2016, Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. ISSN: 1978-1946 Jakarta: Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XII, No. 2 September 2016. Hal. 121-129.

  Faradillah, Sarah, 2013, Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik, Transaksi Customer dengan Menggunakan C4.5 ISSN: 2310-9425, Medan: Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol.5 No.3 Desember 2013, Hal 63-70.

 

Febrian, R., Dzulfaqor, F., Lestari, M.N., Romadhon, A.A. and Widodo, E., 2018. Analisa Pola Pembelian Obat Di Apotek UII Farma Menggunakan Metode Algoritma Apriori. ISSN: 2302-3805 Yogyakarta.: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018 Hal.49-54.

 

Hermawati, Fajar Astuti, 2013. Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

 

http://eric.univ-lyon2.fr/~ricco/tanagra/en/tanagra.html.

 

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi, 2009, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: ANDI

 

Pahlevi, 2018, Data Mining Penentuan Aturan Asosiasi Penjualan Makanan di Amaria Hotel. ISSN: 2098-8711 Jakarta: Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa Vol.VII No.2 Agustus 2018, Hal.137-142.

 

Putra AA, Haryanto H, Dolphina E. Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal). 2019 Jan 9;10(2):90-100.

 

Marisa, F. and Purnomo, D., 2016. Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. ISSN:2541-3619, JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), Malang, Hal.1-5

 

   Musyafa, Agaya Ilham., dkk. 2014. Dari Masa Ke Masa Aplikasi Pengolah Angka. (https://www.academia.edu/9530670/Aplikasi_Pengolah_Angka.diakses tanggal 21 April 2015).

 

Sikumbang, E.D., 2018. Penerapan Data Mining  Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. ISSN: 2442-2436 Jakarta: Jurnal Teknik Komputer Vol.4, No.1 Februari 2018, Hal.156-161

 

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tana, M.P., Marisa, F Wijaya, I.D., 2018. Penerapan Metode Data Mining Market basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori. ISSN: 2503-1945 Malang. JIMP Vol.3, No. 2 Agustus 2018. Hal.17-22.

Ummi, K., 2016, Analisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di PT.IDK 1 Medan). ISSN: 2085-1367 Medan: CSRID Journal Vol.8, No.3 Oktober 2015, Hal.155-164.

Yanto R, Khoiriah R, 2015, Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. ISSN: 2354-5771 Lubuklingau: Citec Jurnal Vol.2 No.2 Februari 2015, Hal.102-113