PENERAPAN DATA MINING DALAM PEMILIHAN OPERATOR SELULER PADA SMARTPHONE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Abstraksi

ABSTRAK

 

Dwi Rizki (11152689), Penerapan Data Mining Dalam Pemilihan Operator Seluler Pada Smartphone Menggunakan Metode Algoritma Apriori

 

Di era globalisasi seperti sekarang ini banyak masyarakat yang sudah menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi, selain itu smartphone tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai barang yang sangat penting yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi smartphone tidak terasa berguna jika tidak terhubung dengan jaringan internet. Banyak jenis opertor seluler yang bisa dijadikan untuk menghubungkan smartphone ke jaringan internet. Banyak pertimbangan dan perbedaan mengenai pemilihan operator seluler. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengambilan keputusan untuk menentukan operator seluler mana yang lebih diminati dan untuk mengetahui alasan kuat dalam memilih operator seluler. Penerapan Algoritma Apriori dapat membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item, kemudian dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi support dan confidence minimum yang merupakan nilai ambang yang diberikan oleh pengguna. Jika memenuhi parameter support dan confidence maka hasil tersebut dapat membantu dalam penentuan pemilihan operator seluler yang paling diminati . Dalam penelitian dan penerapan Algoritma Apriori pada pemilihan operator terhadap minat masyarakat dengan menganalisis operator seluler yang paling diminati menggunakan Algoritma Apriori, Ms. Excel dan Tanagra maka didapatkan hasil Algoritma Apriori telah berhasil diterapkan untuk menganalisis operator seluler yang paling diminati masyarakat. Dari hasil analisa peneliti mendapatkan bahwa Telkomsel sebagai operator seluler yang paling diminati  dan Smartfren sebagai operator yang kurang diminati khususnya wilayah Jakarta Timur Jalan Jengki RT. 008/ RW. 002. Sehingga hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan masyarakat dalam memilih operator seluler yang akan digunakan.

Kata Kunci: Algoritma apriori, Operator Seluler, Ms. Excel, Tanagra

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

DAFTAR PUSTAKA

Amril, M. S., & Adam, P. (2018). DATA MINING: Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner.

 

Dicky, N. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan.

 

Edi, R. (2014). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan.

 

Fauzy, M., W Saleh, R. K., & Asror, I. (2016). Penerapan metode association rule menggunakan algoritma apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kota bandung. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 2, No.2(2), 221–227.

 

Husin, A. I., & Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori. Sniptek, 45–56.

 

Indosat. http://Indosatooredoo.com/id/about-indosat/company-profile/history.

 

Kurniawan, H., Saleh, A., & Fujiati. (2014). Analisa Pola Data Penyakit Rumah Sakit Dengan Menerapkan Metode Association Rule Menggunakan. 195–201.

 

Narti,  eka putria. (2018). Computer Based Information System Journal Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour dan Travel

 

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi algoritma apriori untuk analisis penjualan dengan berbasis web. 7(2), 701–706.

 

Ramadhan, P. S., & Safitri, N. (2019). Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang. 18(1), 55–61.

 

 

Silvi, P. D., & Ai, I. W. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. Ijcit, 2(2), 31–39.

 

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (Kencana, ed.).

 

smartfren. Https://m.smartfren.com/id/overview/.

 

Sutradana, G. C., & Wahyudi, M. D. R. (2017).Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pengaruh Lama Studi Mahasiswa Teknik Informatika Uin Sunan. 1(3), 153–162.

 

Telkomsel. https://www.Telkomsel.com/about-us/our-story/our-histori.

 

Three.(n.d.).Https://www.google.co.id/Amp/s/selular.id/2015/05/tri hutchison/amp/.

 

Widayu, H., Darma, S., Silalahi, N., & Mesran. (2017). Data Mining Untuk Memprediksi Jenis Transaksi Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Algoritma C4.5. Issn 2548-8368, Vol 1, No(June), 7.

 

Xl axiata. Https://www.xlaxiata.co.id/id/perusahaan-kami/tentang-kami.

 

Yakub, S., Boy,  ahmad fitri, Mariami, I., & Bambang,  widjarnarko. (2019). Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.908

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2018). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative InformationTechnology Journal, 2(2), 102. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41

 

Yanto, R. (2018). Implementasi Data Mining Estimasi Ketersediaan Lahan Pembuangan Sampah menggunakan Algoritma Simple Linear Regression. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(1), 361–366. https://doi.org/10.29207/resti.v2i1.282

 

Yetri, M., & Yakun, S. (2018). Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori. J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, 1(2), 114–123.Retrieved from https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/37