Technology Acceptance Model Pada Penerimaan Siswa Terhadap Sistem UNBK

Abstraksi

 UNBK merupakan sebuah sistem ujian nasional sekolah berbasis komputer dimana siswa mengerjakan ujian menggunakan komputer yang diharapkan dapat membuat ujian menjadi lebih efisien dan efektif di bandingakan dengan ujian manual yang menggunakan kertas sebagai media ujiannya. Hal ini di terapkan di SMA Santa Theresia Jakarta. Untuk mengetahui tingkat penerimaan siswa terhadap sistem UNBK maka   metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah technology acceptance model (TAM) dengan 198 siswa data quesioner yang terkumpul, hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan Smartpls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengaruh yang lebih tinggi dalam penerimaan siswa terhadap Sistem UNBK adalah kemudahan penggunaan menggunakan Sistem UNBK dengan nilai 16.843. Sedangkan tingkat pengaruh yang lebih rendah dalam penerimaan adalah penggunaan minat dalam perilaku pengguna dengan nilai 2,749. Dengan nilai tersebut, UNBK baik di gunakan di SMU Santa Theresia. 

Kata Kunci: TAM, UNBK, SEM, SmartPLS.

URI
http://www.jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/kajian-ilmiah/article/view/452

Bidang ilmu
Data Mining

References

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (1st ed.). Yogyakarta: Andi. Kemendikbud. (2015). Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kharismaya, C., Dewi, L. S., Arisawati, E., & Handayanna, F. (2017). Menggunakan Metode TAM. (1), 37–47. Oktofiyani, R., Anggraeni, W., Studi, P., Informasi, S., & Selatan, J. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ) Study Kasus Siswa / I Kelas X Di Smu Negeri 92 Jakarta. (1), 46–53. Prayitno, M. H. (2017). Sistem Informasi Eksekutif Pemasaran Dengan Metode Drill Down. Jurnal Kajian Ilmiah, 17(3). Rahmasari, L. (2006).

Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Rachman, R. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pakar Bimbingan Konseling Siswa SMA. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 7485. Rozanda, N. E., & Masriana, A. (2017). Perbandingan Metode Hot Fit dan Tam dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG ) ( Studi Kasus : Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru ). 18– 19. Sukasna1), Kusrini2), S. (2017). Evaluasi Penerimaan Pengguna Computer Based Test Dengan Pendekatan Tam Di Kulon Progo. Jurnal Teknologi Informasi, XII, 1–15. Tedi, G. (n.d.). Analisis perilaku pengguna sistem informasi akademik dengan pendekatan technology acceptance model (tam) di universitas sang bumi ruwa jurai bandar lampung. Widiyanto, D. (2018). Analisis Penerapan Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer ( Unbk ) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( Tam ). 167–177. Yudhiono, N. F., Herliana, A., & Fitriyani, F. (2017). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hernia Nukleus Pulposus Menggunakan Forward Chainning Berbasis Web. Jurnal Kajian Ilmiah, 17(3).