Analisa Pola Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek Zam-Zam Bogor

research
  • 30 Jul
  • 2019

Analisa Pola Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek Zam-Zam Bogor

Apotek merupakan suatu tempat untuk melakukan pembuatan,
pengolahan, peracikan, penyimpanan dan penyaluran obat-obatan kepada
masyarakat secara bebas maupun resep dari dokter. Peran apotek sangat penting
bagi masyarakat, namun dengan adanya perkembangan teknologi dan sistem
informasi yang begitu pesat, menuntut apotek untuk dapat mengikuti
perkembangan teknologi guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat
dan tepat. Banyak yang belum tahu jika laporan yang dihasilkan dari sistem
informasi dapat dimanfaatkan untuk mencari pola kecenderungan pembelian
obat dengan menggunakan Data Mining. Data Mining memiliki banyak metode,
salah satunya adalah Algoritma Apriori. Algoritma Apriori adalah suatu metode
untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset.
Dengan mencari pola kecenderungan pembelian obat, maka akan didapatkan
informasi mengenai obat apa saja yang banyak dibeli dan yang sering dibeli
secara bersamaan oleh konsumen. Dengan diketahui obat yang sering dibeli,
maka Apotek Zam-zam Farma Bogor dapat mengembangkan strategi pemasaran,
mengatur stok obat agar tidak terjadi penumpukan obat maupun kekosongan obat
dan mengatur tata letak penyimpanan obat yang sering dibeli secara bersamaan
untuk mempermudah apoteker dalam mencari obat yang dibutuhkan guna
mengoptimalkan pelayanan.

Unduhan

  • utami.pdf

    Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek Zam-Zam Bogor

    •   diunduh 1485x | Ukuran 114 KB

 

REFERENSI

[1] R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode
Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creat. Inf.
Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2018.
[2] E. N. Salamah and N. Ulinnnuha, “Analisis Pola Pembelian Obat dan
Alat Kesehatan di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan
Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2018.
[3] R. Febrian, F. Dzulfaqor, M. N. Lestari, A. A. Romadhon, and E.
Widodo, “Analisis Pola Pembelian Obat Di Apotek Uii Farma
Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Semnasteknomedia Online,
vol. 6, no. 1, pp. 1-2–49, 2018.
[4] H. Sujaini, “Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan,” vol.
1, no. 1, 2016.
[5] W. Widiati, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Penerimaan
Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting
(SAW
),” J.
Bianglala Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2018.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 27th ed.
Bandung: Alfabeta, 2017.