Perancangan Sistem Inventory Untuk Pengelolaan Data Persediaan Bahan Baku

research
  • 24 Jul
  • 2019

Perancangan Sistem Inventory Untuk Pengelolaan Data Persediaan Bahan Baku

Persediaan merupakan bagian terpenting dalam perusahaan, seiring semakin meningkatnya kebutuhan perusahaan terhadap pengelolaan barang atau item yang menjadi penunjang persediaan proses produksi. Permasalahan yang selama ini dihadapi oleh PT Unipack Indosystem diantaranya pencarian item bahan baku dalam tumpukan kartu stok sehingga memakan waktu lama dan pencatatan laporan yang masih manual sehingga sering terjadinya kesalahan dalam pembuatannya. Oleh karena itu perlu dilakukannya perbaikan dengan memanfaatkan teknologi komputer guna memenuhi kebutuhan gudang dalam melakukan aktifitas persediaan bahan baku. Aplikasi inventory ini dirancang menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka . Hasil yang dicapai berupa sistem informasi persediaan stok bahan baku yang lebih efektif dan efisien.

Unduhan

  • 2.pdf

    Jurnal Siti

    •   diunduh 326x | Ukuran 330 KB

 

REFERENSI

A. Rahadi, M. Al Musadieq, and H. Susilo, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Toko Arta Boga),” J. Adm. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 1–8, 2014.

Yudhistira, “Perancangan Sistem Persediaan Bahan Baku Furniture Pada PT. Batavia Cyclindo Industri Tangerang,” Semin. Nas. Inov. dan Tren 2015, pp. 43–49, 2015.

L. Yulianti and Yupianti, “SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA PT . SURYA NUSA BHAKTINDO BENGKULU,” J. Media Infotama, vol. 8, no. 1, pp. 90–116, 2012.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, REKAYASA PERANGKAT LUNAK TERSTRUKTUR dan BERORIENTASI OBJEK. Bandung: Informatika, 2015.

Y. Prayudi, Kolaborasi SQL & ERD dalam Implementasi Database. Yogyakarta: Andi, 2014.

S. M. Pahlevi, Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.

Indrajani, Database Design Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

L. dan S. D. A. Puspitawati, Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.