PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID

research
  • 03 Sep
  • 2018

PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID


ABSTRAK


 


 


Sartiyah Farisa Alvasanah (11170183), Perancangan Aplikasi Mobile Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android


 


 


Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan nama Hanacaraka merupakan salah satu dari sekian warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Dengan seiring perkembangan zaman, Aksara Jawa seolah menjadi salah satu warisan budaya yang mulai terlupakan seperti pada antusias siswa terutama dalam mempelajari Aksara Jawa. Hal ini terjadi salah satunya dari penyampaian materi pembelajaran Aksara Jawa di Sekolah yang masih berdasar pada material cetakan yang belum interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Aksara Jawa yang interaktif berbasis multimedia dengan fitur permainan yang menyenangkan. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode Waterfall, dimulai dari analisis, perancangan, penulisan kode program, dan pengujian. Perangkat lunak utama yang digunakan dalam membuat aplikasi ini yaitu Adobe Profesional Flash CS6. Hasil penelitian meliputi aplikasi media pembelajaran aksara jawa yang dapat dijalankan dalam sistem operasi berbasis Android. Teknik pengujian pada penelitian ini adalah berupa uji black box, white box dan pengujian tingkat penerimaan calon pengguna yaitu kepada siswa sebagai responden penilaian dan evaluasi. Dari hasil pengujian dan isian kuesioner dapat diketahui bahwa nilai rata-rata menunjukkan 93% aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran Aksara Jawa.


 


 


Kata Kunci: Aksara Jawa, Android, Media Pembelajaran Interaktif, Budaya Jawa


Unduhan

  • File_17 Bab IV.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_17 Bab IV.pdf

    •   diunduh 277x | Ukuran 77 KB
  • File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    •   diunduh 366x | Ukuran 1,232 KB
  • File_14 Bab I.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_14 Bab I.pdf

    •   diunduh 371x | Ukuran 127 KB

 

  • File_19 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_19 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 241x | Ukuran 120,277
  • File_16 BAB III.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_16 BAB III.pdf

    •   diunduh 500x | Ukuran 4,388,312
  • File_15 Bab II.pdf

    PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID_File_15 Bab II.pdf

    •   diunduh 603x | Ukuran 180,089

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


 


As’ad Arismadhani, Umi Laili Yuhana dan Imam Kuswardayan. 2013. Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android. Surabaya: Jurnal Teknik Pomits. Vol. 2, No. 1:A94-A98.


 


B. Uno, Prof. Dr. Hamzah, M.Pd., Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd. 2011. Teknologi


Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.


 


Deny Satria Wicaksono dan Fitro Nur Hakim. 2012. Media Pembelajaran Fisika Interaktiv Bahasan Kapasitor Berbasis Flash Dan XML. Semarang: Jurnal Sains Komputer Indonesia. Vol. 9, No. 3:128-135.


 


Ees. 2008. Membuat Animasi Kartun dengan Macromedia Flash 8. Jakarta: D@TAKOM Lintas Buana.


 


Komputer, Wahana. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi.


 


Madcoms. 2012. Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional Cs6. Yogyakarta- Madiun: CV Andi Offset.


 


Masruri, M. Hilmi. 2015. Buku Pintar Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


 


Moh. Jasri dan Ahmad Buhari. 2016. Rancang Bangun Kamus Kebidanan Berbasis Android Dengan Eclipse. Probolinggo: Jurnal Systemic. Vol. 02, No. 01:39-44.


 


Muhammad Iqbal Hanafri, Ahus Budiman dan Nugroho Arif Akbar. 2015. Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Andorid. Tangerang: Jurnal Sisfotek Global. Vol. 5, No. 2:50-53.


 


Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile


Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.


 


Radion, Kristo. 2012. Easy Programin Using Flash and Action Script 3.0. Yogyakarta: Andi.


 


Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.


 


Sari, B. K. (2016). Rancang Bangun Multi Platform Edugame untuk Sejarah Khulafaurrasyidin. Skripsi. Jurusan Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.


 


S, Rosa A dan M Shalahudin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.


Suparni. 2016. Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Jurnal Software Engineering. Vol. 2, No. 1:57-63.


 


Sutarman, 2012. Pengantar Tekhnologi Informasi, Jakarta: Bumi Aksara.


 


Tata Sutarbi. 2012. Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.


 


Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work. 8th Edition. New York:


McGraw-Hill.


 


Winda Anggraeni dan Sri Mulyati. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Matematika SD Kelas 6 Berbasis Android Pada SDN Cimone 1 Tangerang. Tangerang: Jurnal Teknik. Vol. 6, No. 1:63-69.


 


Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.