Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Melakukan Reservasi Hotel Dan Wisata Berbasis Online Di Yogyakarta

research
  • 25 Jun
  • 2018

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Melakukan Reservasi Hotel Dan Wisata Berbasis Online Di Yogyakarta

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai faktor-faktor yang mendorong masyarakat dalam perilaku beli reservasi hotel dan wisata berbasis online. Perkembangan teknologi membawa kebiasaan beli menjadi semakin praktis dengan banyaknya situs yang dapat diakses masyarakat luas diduga memberikan perubahan perilaku kepada konsumen untuk melakukan reservasi hotel berbasis online baik untuk berwisata maupun keperluan lain. Banyak perusahaan atau hotel yang berlomba membuat reservasi berbasis online.
Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong perilaku konsumen melakukan reservasi secara online melalui situs reservasi online. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pelaku perhotelan maupun travel agent dan pengembang situs atau aplikasi untuk memilih strategi dalam reservasi hotel berbasis online agar mampu memaksimalkan pelayanan dan meningkatkan tingkat hunian serta kunjungan wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner berskala Likert kepada konsumen atau masyarakat pengguna reservasi berbasis online. Data diolah dan dianalisa menggunakan Regresi Linear dengan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa harga dan rewards menjadi pengaruh masyarakat melakukan reservasi berbasis online.

Unduhan

 

REFERENSI

A.C. Nielsen. (2005). Asia Pasific Retail and Shopper Trends 2005, from: http://www.acnielsen.de/pubs/documents/Retailand

Adams, C., Millard, P. & Avison, D.E (2003). Personal trust space in mobile. Paper accepted for the Sixth International Conference on Electronic Commerce Research (ICECR-6), INFORMAT, Dalia.

Awad, E.M. (2006). Electronic commerce: from vision to fulfillment. New Jersey: Pearson/Prentice Hall.

Berita Resmi Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta No.22/04/34/Th.XVII, 1April 2015

Caribbean Tourism Organisation, (2004). “eTourism Exploring the Online Travel & Tourism Sector”. 5th Tourism Educators’ Forum 2004.

Carroll, W.J., dan Sileo, L. 2007. Chains gain ground online: Hotels have much to celebrate [Electronic Version]. Hospitality Upgrade, Spring 2007, 36-38.

Gozzali, Sherly, dan Kristanti, Monika. (2013). Faktor-Faktor yang Mendorong Masyarakat Surabaya dalam Melakukan Reservasi Hotel Secara Online. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 1, Nomor 2, 2013.

Hoffman D.L. and Novak, T.P. (1996). A New Marketing Paradigm for Electronic Commerce, The Information Society, special issue on electronic commerce, 13 (Januari-March), pp. 43-54.

Janal, D.S. (2005). Online marketing handbook : how to sell, advertise, publicize, and promote your products and services on the internet and commercial online

system. New York : Van Nostrand Reinhold.

Japarianto, Edwin dan Sugiharto Sugiono. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavoir Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 6, No. 1, April 2011. pp 32-41.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (2012, Mei 22). Sambutan menparekraf pada peluncuran situs Accor Hotel berbahasa Indonesia. from http://www.budpar.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=125&id=1582

Prantner Kathrin, Siorpaes Katharina, Beachlechner Daniel. 2005. On Tour Semantic Web Search Assistant. Seminar on Semantic Web Technologies, Austria.

Rayport, J.F. & Jaworski, B.J. (2000). E-Commerce. New York: McGraw-Hill.

Shergill GS, Zhaobin Chen. (2005). Web-Based Shopping: Consumers’ Attitudes Towards Online Shopping in New Zealand. Journal of Electronic Commerce Researce, Volume 6(2). p 79-94

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta

Sujarweni Wiratna, 2015. SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sulastiyono, A. (2011). Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi: Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supraptini, Nunuk. 2013. Bauran pemasaran: Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Inkoma. Vol 24. No 24. pp 83 – 91.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bangung: Angkasa

Turban, E., King,D., Lee, J., Liang, T.P, Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial anda social networks perspective.

UNCTAD, 2005., Information Economy : www.unctad.org/e-comerce