Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai faktor-faktor
yang mendorong masyarakat dalam perilaku beli reservasi hotel dan wisata
berbasis online. Perkembangan teknologi membawa kebiasaan beli menjadi
semakin praktis dengan banyaknya situs yang dapat diakses masyarakat
luas diduga memberikan perubahan perilaku kepada konsumen untuk
melakukan reservasi hotel berbasis online baik untuk berwisata maupun
keperluan lain. Banyak perusahaan atau hotel yang berlomba membuat
reservasi berbasis online.
Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mendorong perilaku konsumen melakukan reservasi secara online melalui
situs reservasi online. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu
pelaku perhotelan maupun travel agent dan pengembang situs atau aplikasi
untuk memilih strategi dalam reservasi hotel berbasis online agar mampu
memaksimalkan pelayanan dan meningkatkan tingkat hunian serta kunjungan
wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner berskala Likert
kepada konsumen atau masyarakat pengguna reservasi berbasis online. Data
diolah dan dianalisa menggunakan Regresi Linear dengan SPSS. Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa harga dan rewards menjadi pengaruh
masyarakat melakukan reservasi berbasis online.
A.C. Nielsen. (2005). Asia Pasific Retail and Shopper Trends 2005, from: http://www.acnielsen.de/pubs/documents/Retailand
Adams, C., Millard, P. & Avison, D.E (2003). Personal trust space in mobile. Paper accepted for the Sixth International Conference on Electronic Commerce Research (ICECR-6), INFORMAT, Dalia.
Awad, E.M. (2006). Electronic commerce: from vision to fulfillment. New Jersey: Pearson/Prentice Hall.
Berita Resmi Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta No.22/04/34/Th.XVII, 1April 2015
Caribbean Tourism Organisation, (2004). “eTourism Exploring the Online Travel & Tourism Sector”. 5th Tourism Educators’ Forum 2004.
Carroll, W.J., dan Sileo, L. 2007. Chains gain ground online: Hotels have much to celebrate [Electronic Version]. Hospitality Upgrade, Spring 2007, 36-38.
Gozzali, Sherly, dan Kristanti, Monika. (2013). Faktor-Faktor yang Mendorong Masyarakat Surabaya dalam Melakukan Reservasi Hotel Secara Online. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 1, Nomor 2, 2013.
Hoffman D.L. and Novak, T.P. (1996). A New Marketing Paradigm for Electronic Commerce, The Information Society, special issue on electronic commerce, 13 (Januari-March), pp. 43-54.
Janal, D.S. (2005). Online marketing handbook : how to sell, advertise, publicize, and promote your products and services on the internet and commercial online
system. New York : Van Nostrand Reinhold.
Japarianto, Edwin dan Sugiharto Sugiono. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavoir Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 6, No. 1, April 2011. pp 32-41.
Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (2012, Mei 22). Sambutan menparekraf pada peluncuran situs Accor Hotel berbahasa Indonesia. from http://www.budpar.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=125&id=1582
Prantner Kathrin, Siorpaes Katharina, Beachlechner Daniel. 2005. On Tour Semantic Web Search Assistant. Seminar on Semantic Web Technologies, Austria.
Rayport, J.F. & Jaworski, B.J. (2000). E-Commerce. New York: McGraw-Hill.
Shergill GS, Zhaobin Chen. (2005). Web-Based Shopping: Consumers’ Attitudes Towards Online Shopping in New Zealand. Journal of Electronic Commerce Researce, Volume 6(2). p 79-94
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta
Sujarweni Wiratna, 2015. SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sulastiyono, A. (2011). Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi: Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Supraptini, Nunuk. 2013. Bauran pemasaran: Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Inkoma. Vol 24. No 24. pp 83 – 91.
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bangung: Angkasa
Turban, E., King,D., Lee, J., Liang, T.P, Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial anda social networks perspective.
UNCTAD, 2005., Information Economy : www.unctad.org/e-comerce